Serba-serbi Doula, Pendamping Ibu Hamil

Raka Lestari    •    Rabu, 13 Sep 2017 12:02 WIB
kamus kesehatan
Serba-serbi Doula, Pendamping Ibu Hamil
(Foto: Women's Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi para calon ibu yang akan menghadapi persalinan, mungkin sudah sering mendengar istilah Doula. Mungkin ada yang berfikir bahwa doula adalah sebuah teknik dalam menghadapi kehamilan atau persalinan. Hal ini wajar karena istilah Doula memang masih jarang terdengar di Indonesia.

Buku Panduan

Doula merupakan seseorang yang berfungsi sebagai buku panduan bagi ibu hamil. Peran utama Doula adalah memberikan pelajaran dan membagikan pengalaman melahirkan bagi wanita. Bisa dikatakan Doula juga adalah guru bagi calon ibu.

Umumnya para calon ibu akan mulai bertemu dengan Doula pada trimester kedua masa kehamilan. Pada saat itu, Anda akan banyak berbicara mengenai persalinan yang akan dihadapi nantinya.

Teman Selama Berada di Ruang Persalinan

Seorang Doula akan menemani Anda selama di ruang persalinan. Bahkan jika Anda harus berada di ruang persalinan selama 72 jam, Doula akan selalu menemani Anda. Doula memberikan semangat ekstra kepada Anda selama di ruang persalinan selain tentunya semangat dari pasangan Anda.

Doula Tetap Menemani Setelah Bayi Lahir

Setelah Anda melahirkan, tugas Doula belum selesai. Seorang Doula akan menenangkan Anda bahkan setelah bayi Anda lahir. Banyak juga Doula yang menawarkan jasa pelayanan sampai delapan minggu pasca persalinan.

Untuk menyewa jasa Doula ini, Anda mungkin bisa bertanya di forum-forum ibu kehamilan atau mungkin menanyakan kepada teman-teman Anda yang pernah menggunakan jasa Doula. Atau bahkan ada juga beberapa rumah sakit yang memiliki kerjasama dengan Doula.




(DEV)