Tips Mencegah Pecah-pecah pada Kulit Kaki

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 27 Jun 2018 17:43 WIB
tips kesehatan
Tips Mencegah Pecah-pecah pada Kulit Kaki
(Foto: Healthline)

Jakarta: Memelihara kulit kaki sama pentingnya dengan merawat kulit wajah. Anda tentu tak mau mendapati kulit kaki kering dan pecah-pecah, bukan?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar keindahan alami kaki Anda tetap terpelihara, seperti dilansir dari Boldsky.

1. Gunakan pelembap rutin

Sama seperti bagian tubuh lainnya, kaki juga butuh pelembap rutin. Apalagi, kulit kaki umumnya lebih tebal sehingga penggunaan pelembap penting untuk mencegah kulit pecah-pecah.

2. Perhatikan pemilihan sepatu

Pilihlah sepatu yang cocok, nyaman dan pas dipakai. Sebab bila memakai sepatu yang tak pas ukurannya, atau kekecilan dapat membuat kaki Anda lecet.

3. Lindungi kaki dari sinar UV

Tak hanya kulit wajah, kaki Anda juga membutuhkan perlindungan dari paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih ketika akan bepergian. Sedangkan di penghujung haru, rendamlah kaki di dalam bak berisi air hangat kemudian lap dengan handuk.

4. Scrub

Untuk mengangkat kulit mati dan menjaga kelembutan kaki, Anda bisa melakukan scrubbing secara rutin. Anda bahkan bisa membuat scrub kaki sendiri, yakni dengan mencampur gula atau garam dengan baby oil. Balurkan pada seluruh kaki, pijat dengan gerakan memutar selama lima menit. Akhiri dengan menggosokkan batu apung, lalu bilas dengan air dingin, keringkan dan oleskan krim kaki.

5. Potong kuku

Disarankan agar Anda tak memangkas kuku terlalu pendek, karena akan membuat tak nyaman saat berjalan. Sehingga Anda dianjurkan untuk membuat titik tertentu untuk memangkas jari kuku.

6. Pijat kaki

Pijatlah kaki secara teratur untuk menjaganya dari berbagai masalah kesehatan kaki. Luangkan waktu setidaknya lima menit untuk memijat kaku setiap hari dengan minyak zaitun atau minyak zaitun hangat.




(DEV)