Kebiasaan yang Harus Dihindari setelah Berhenti Merokok

Torie Natalova    •    Rabu, 04 Apr 2018 16:31 WIB
tips kesehatan
Kebiasaan yang Harus Dihindari setelah Berhenti Merokok
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Butuh niat yang kuat untuk bisa berhenti merokok. Setelah berhenti merokok pun biasanya ada banyak godaan untuk kembali mengisap nikotin. 

Anda perlu menghindari situasi yang bisa meningkatkan godaan untuk merokok. Jika Anda menghindari melakukan hal-hal ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk tetap pada keputusan untuk berhenti merokok.

1. Menyimpan rokok dalam rumah

Tidak ada alasan bagi Anda untuk menyimpan rokok di rumah jika Anda sudah berniat berhenti merokok. Memiliki rokok di sekitar Anda dapat membuat godaan semakin besar. Selain rokok, jauhkan hal-hal lain yang mengingatkan Anda tentang merokok. Singkirkan semua asbak dan korek api. Komitmen pada keputusan Anda.

2. Lupa alasan berhenti merokok

Ketika berhenti merokok, Anda menjadi lebih bahagia, sehat, dan lebih menikmati hidup. Ketika merasakan perubahan ini, Anda kemudian beranggapan bahwa merokok sebatang saja tidak akan masalah. Namun, anggapan ini akan terus mengarah pada yang kedua, ketiga dan seterusnya.

3. Kurang tidur

Ketika Anda tidak cukup tidur, penglihatan akan menjadi buram, Anda tidak bisa berpikir jernih dan Anda merasa sulit untuk fokus. Kurang tidur dapat membuat perokok yang telah berhenti mengalami efek samping seperti disorientasi, pusing, peningkatan nafsu makan, dan susah konsentrasi.

Anda juga dapat mengalami perubahan suasana hati, kecemasan dan depresi. Kurang tidur akan menguras energi mental dan kemauan Anda. Ada beberapa persentase perokok yang cenderung menjadi lebih lesu dari biasanya setelah berhenti merokok. Biarkan tubuh untuk istirahat yang dibutuhkan.

Minum kopi adalah hal yang dianjurkan untuk mengalihkan perhatian Anda pada rokok. Namun, konsultasikan hal ini pada dokter apabila Anda memiliki gangguan pencernaan atau gas lambung yang tinggi. 

 



(DEV)