Pertimbangkan Beberapa Hal Ini Sebelum Menikah

Raka Lestari    •    Kamis, 05 Apr 2018 05:31 WIB
romansapsikologi
Pertimbangkan Beberapa Hal Ini Sebelum Menikah
Jika pasangan Anda sering mengontrol Anda ketika emosi mereka meledak-ledak, ini adalah tanda-tanda peringatan utama yang seharusnya tidak diabaikan. (Foto: Björn Grochla/Unsplash.com)

Jakarta: Apakah Anda dan pasangan sudah yakin untuk melaju ke jenjang yang lebih serius? Di bawah ini, terapis pernikahan mengungkapkan kebiasaan dan tingkah laku yang cukup serius dan sebaiknya dipikirkan ulang sebelum sampai ke pernikahan.

1. Mereka lebih mendahulukan orang lain dibandingkan Anda
Jika pasangan Anda selalu mendahulukan orang lain untuk hal-hal yang tidak terlalu penting, mungkin itu pertanda bahwa pasangan Anda tidak memprioritaskan Anda dan hubungan Anda. 

"Orang menikah karena banyak alasan," kata terapis perkawinan dan keluarga Aaron Anderson kepada Huffingtonpost.com. "Itu tidak selalu karena cinta. Pastikan Anda tidak menikahi seseorang yang menikahi Anda hanya untuk bersenang-senang." 

"Pastikan mereka juga mengutamakan Anda. Anda tidak ingin menjadi pasangan yang mengerti selama sisa hidup Anda, tanpa dimengerti juga oleh pasangan Anda karena hal itu tidak seimbang," ujar Anderson.

(Baca juga: Cinta yang Berlebihan Bisa Memicu Perpisahan)

2. Tidak berkomunikasi dengan baik 
Komunikasi adalah salah satu pondasi untuk perkawinan yang kuat. Jika Anda tidak dapat berbicara dengan jujur ??tentang hal-hal yang sulit, Anda mungkin belum siap untuk menikah. 

"Masalah-masalah yang berkembang ketika masalah lama tidak terpecahkan dapat merusak hubungan Anda," ujar Tina Tessina, seorang psikoterapis. "Buatlah titik untuk berbicara tentang apa pun yang tampaknya sulit. Anda perlu tahu seberapa baik Anda berdua dapat mendiskusikan hal-hal sulit yang akan muncul selama masa hidup bersama."


(Jika pasangan Anda sering mengontrol Anda ketika emosi mereka meledak-ledak, ini adalah tanda-tanda peringatan utama yang seharusnya tidak diabaikan. Foto: Sweet Ice Cream Photography/Usplash.com)

3. Pasangan Anda selingkuh 
Perselingkuhan tidak harus menjadi penghancur dalam hubungan tetapi itu pasti sesuatu yang mungkin membuat Anda berpikir kembali untuk menjalani pernikahan. 

"Meskipun saya tidak setuju dengan pepatah, 'Sekali selingkuh, akan selalu selingkuh,' selalu ada beberapa perubahan pola pikir dan perilaku penting yang diperlukan untuk mencegah perilaku ini terulang," kata Kurt Smith, seorang terapis kepada Huffingtonpost.com. "Perubahan baru ini harus dibuktikan sebelum menikah."

4. Bermasalah dengan alkohol atau obat-obatan terlarang
Sekali lagi, permasalahan ini tidak harus menjadi penghancur hubungan jika pasangan Anda benar-benar berkomitmen untuk melakukan pemulihan. 

Tetapi kecanduan yang tidak diobati dapat menyebabkan ketegangan yang signifikan pada hubungan Anda. "Kecanduan tidak mudah atau cepat diselesaikan," kata Smith. "Banyak pasangan yang menganggap bahwa hal tersebut bisa berubah seiring berjalannya waktu padahal sebenarnya hal itu tidaklah mudah." 

5. Mereka terlalu mengontrol Anda
Jika pasangan Anda sering mengontrol Anda ketika emosi mereka meledak-ledak, ini adalah tanda-tanda peringatan utama yang seharusnya tidak diabaikan. "Setiap perilaku semacam ini harus didiskusikan dengan ahli kesehatan mental untuk menentukan apa yang harus dilakukan," kata Smith. 






(TIN)