Kontrol Gula Darah dengan Mentimun

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 01 Aug 2018 09:00 WIB
kesehatan
Kontrol Gula Darah dengan Mentimun
Selain rendah karbohidrat, mentimun juga mengandung serat yang berfungsi memperlambat laju glukosa yang dilepaskan ke dalam darah. (Foto: Monika Grabkowska/Unsplash.com)

Jakarta: Diabetes membuat kita harus waspada terhadap makanan sebab banyak asupan yang dapat menaikan tingkat gula darah.

Apa yang bisa dilakukan untuk menurunkan gula darah? Para ahli sepakat bahwa baik penderita diabetes maupun yang berisiko sangat diuntungkan dari diet sehat. 

Salah satu studi awal menunjukkan mentimun dapat menurunkan gula darah. Dilansir dari askdrmanny, studi ini melakukan percobaan pada tikus yang menderita diabetes dengan memberikan mereka kulit dari labu, mentimun atau tinda (sayuran lain).

Hasilnya, ketiga peeling secara signifikan menurunkan gula darah tikus. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa makan lebih banyak mentimun bisa menjadi tambahan yang mudah untuk diet diabetes.
 
(Baca juga: Timun, Rahasia Diet Para Artis Hollywood)


(Para ahli sepakat bahwa baik penderita diabetes maupun yang berisiko sangat diuntungkan dari diet sehat. Foto: Igor Miske/Unsplash.com)

Menurut Live Science saat dikutip dari Askdrmanny, mentimun merupakan alternatif yang sangat baik untuk makanan manis karena rendah karbohidrat. Asupan yang menjadi perdebatan apakah termasuk golongan buah atau sayuran ini juga mengandung vitamin C dan K serta beberapa kalium.

Selain rendah karbohidrat, mentimun juga mengandung serat yang berfungsi memperlambat laju glukosa yang dilepaskan ke dalam darah. 

Dengan berbagai keuntungan tersebut, mentimun menjadi salah satu asupan yang bisa menjadi prioritas bagi penderita diabetes. 

Penderita diabetes dapat mengolaborasikan mentimun dengan sayuran non-tepung, menyeimbangkannya dengan protein, susu, dan sedikit makanan buah atau tepung.





(TIN)