Tips Memilih Sarung Tangan Tidur untuk Bayi

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 11 Jul 2018 11:05 WIB
perkembangan anak
Tips Memilih Sarung Tangan Tidur untuk Bayi
Pada kondisi dingin, sarung tangan dan sepatu sangat disarankan. (Foto: Julie Johnson/Unsplash.com)

Jakarta: Tak sedikit orang tua yang memakaikan sarung tangan atau sepatu pada bayi saat tidur untuk membuatnya tetap hangat. Namun, apakah hal itu membuat si kecil nyaman?

"Seorang ibu perlu melihat pertanda dari perilaku anak untuk mengerti apakah pakaian tersebut membantu anaknya nyaman. Pada kondisi lembap, tidak dianjurkan terlalu banyak pakaian yang menempel," tukas Dr Chaitali Laddad, Pendiri dan Direktur The Pediatric Network.

Hal ini dikarenakan, lanjutnya, bayi akan terlalu banyak berkeringat karena lapisan yang terlalu banyak. Akibatnya, bayi akan rewel dan mudah marah. Namun, pada kondisi dingin, sarung tangan dan sepatu sangat disarankan. 


("Seorang ibu perlu melihat pertanda dari perilaku anak untuk mengerti apakah pakaian tersebut membantu anaknya nyaman. Pada kondisi lembap, tidak dianjurkan terlalu banyak pakaian yang menempel," tukas Dr Chaitali Laddad, Pendiri dan Direktur The Pediatric Network. Foto: Aditya Romansa/Unsplash.com)
 

(Baca juga: Tips Agar Kulit Bayi Tidak Mudah Iritasi)

Lalu, jenis sarung tangan dan sepatu seperti apa yang dianjurkan?

"Namun, tidak disarankan untuk membuat bayi Anda memakai kaus kaki wol dan sarung tangan untuk tidur. Ingat, lapisan pakaian yang menyentuh kulit anak harus selalu katun. Pakaian katun ringan akan selalu menenangkan bayi dan membuatnya tetap hangat."

Saran lain dari Dr Laddad yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih sarung tangan dan sepatu tidur anak adalah sebaiknya hentikan penggunaan bila telapak tangan atau kaki anak sering berkeringat. Pemakaian pakaian tambahan tersebut hanya akan membuat anak membuat kepanasan dan tak nyaman. 




(TIN)