Normal atau Tidak Lutut Bentuk "O" pada Bayi?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 27 Apr 2018 07:43 WIB
perkembangan anak
Normal atau Tidak Lutut Bentuk O pada Bayi?
Perlukan cemas melihat kaki bayi berbentuk "O"? Dr. dr. Aryadi Kurniawan, SpOT (K), spesialis ortopedik anak menjelaskan lebih lanjut. (Foto: Eric Froehling/Unsplash.com)

Jakarta: Kebanyakan orang tua merasa panik ketika melihat kaki bayi mereka berbentuk O atau bow leg. Padahal, hal itu termasuk normal hingga anak berusia 3 tahun.

"Anak dengan bow leg itu normal hingga 3 tahun. 90 persen anak akan mengalami gradasi yang membuat tidak melengkung lagi," jelas Dr. dr. Aryadi Kurniawan, SpOT (K), spesialis ortopedik anak.

Ia menambahkan, setelah mengalami bow leg, anak akan mengalami bentuk kaki yang seperti X atau knock knee yang juga masih terbilang normal bila terjadi pada usia 3-8 tahun.

Menurutnya, orang tua tak perlu cemas bila kaki anak seperti itu karena akan terjadi gradasi secara perlahan menjadi normal.

(Baca juga: Momen Perkembangan Bayi yang Menggemaskan)


(Dr. dr. Aryadi Kurniawan, SpOT (K), spesialis ortopedik anak mengatakan orang tua tak perlu cemas bila kaki anak berbentuk O karena akan terjadi gradasi secara perlahan menjadi normal. Foto: /Unsplash.com)

Sementara itu, 10 persen anak akan mengalami kelainan tersebut bila menunjukkan beberapa gejala yang tak normal, seperti lutut kaki bengkok pada derajat tak normal (severe), adanya asimetri, progresif, kelainan fungsi, dan kaki yang memendek. Bila kelima tanda-tanda tersebut muncul, sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.

Salah satu bentuk intervensi yang bisa dilakukan untuk mencegah kelainan pada kaki ini adalah dengan memakai sepatu khusus dan dalam kasus tertentu perlu dilakukan operasi.





(TIN)