Rutin Makan Salmon Bikin Kulit Awet Muda

Nia Deviyana    •    Rabu, 25 Apr 2018 16:21 WIB
kecantikan
Rutin Makan Salmon Bikin Kulit Awet Muda
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Mencuci muka dan memakai krim malam menjadi perawatan dasar yang harus dilakukan agar kulit Anda tetap sehat. Namun, perawatan itu tidak akan maksimal tanpa diimbangi konsumsi makanan yang tepat.

Dr Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group New York merekomendasikan konsumsi salmon secara rutin agar memiliki kulit yang sehat dan awet muda.

Salmon sebelumnya diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang terbukti dapat mencegah kanker dan nyeri haid. Selain itu, salmon ternyata juga memiliki kandungan yang mampu melawan peradangan penyebab hancurnya kolagen dan elastin, dua senyawa yang membuat kulit tampak muda. 

Kulit dilapisi minyak alami untuk melindunginya dari radikal bebas, serta membantu kulit mempertahankan kelembaban alaminya.

"Semakin tinggi kadar lemak sehat di dalam tubuh, semakin besar produksi minyak alami di kulit, yang artinya kulit Anda semakin sehat," jelas Rachel dilansir dari Huffington Post.

Hal senada juga dikatakan Dr Melda Isaac, dokter kulit kulit bersertifikat di Washington DC. 

"Asam lemak omega-3 membantu mempertahankan kelembaban di kulit Anda, menjaga elastisitas kulit, dan membuatnya tampak kenyal."

Isaac juga mencatat bahwa salmon mengandung vitamin D yang memiliki efek photoprotective, yakni melindungi kulit terhadap efek negatif sinar UV, perbaikan sel kulit, dan mencegah pengaruh buruk radikal bebas.

Salmon juga mengandung astaxanthin atau keto-karotenoid, senyawa kimia yang memberi warna merah muda pada salmon. Senyawa ini membantu merangsang kulit agar lebih banyak memproduksi kolagen.

Benarkah Nutrisi Salmon Hasil Budidaya Tak Sebaik Salmon Liar?

Berapa porsi salmon yang harus dikonsumsi agar bisa mendapatkan manfaatnya?

Nazarian merekomendasikan setidaknya makan seporsi salmon tiga kali dalam seminggu. Dimasak atau memakannya mentah sama baiknya. Studi USDA mencatat bahwa memasak salmon tidak akan menghilangkan nutrisinya. Asalkan, tidak terlalu lama.

Jika Anda tidak menyukai salmon, The American Heart Association merekomendasikan ikan yang juga memiliki kandungan asam lemak tinggi, antara lain mackerel, ikan haring, sarden, atau tuna. 

Menambahkan daging tanpa lemak dan buah juga menjadi pilihan tepat untuk merangsang produksi antioksidan dalam tubuh. 


Lihat video:




(DEV)