Manfaat Serai Bagi Kesehatan

Karina Yunita    •    Kamis, 15 Sep 2016 17:09 WIB
kesehatan
Manfaat Serai Bagi Kesehatan
(Foto: Oleoo) Meminum sari atau rebusan air serai dapat meringankan kram pada saat menstruasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Serai (sereh) merupakan salah satu tanaman berjenis rumput-rumputan yang sering digunakan sebagai penyedap rasa. Seluruh bagian serai ternyata bisa dimanfaatkan.

Serai bisa diolah dan menghasilkan minyak serai. Minyak serai adalah minyak yang didapatkan dari penyulingan serai. Beberapa informasi lain tentang serai bisa Anda simak di bawah ini:

Manfaat serai untuk kesehatan
Batang serai berbentuk berbuku-buku. Bagian serai yang dimanfaatkan sebagai bahan penyedap makanan adalah bagian batang serai. Selain sebagai bahan penyedap rasa dan bahan anti serangga, serai juga digunakan dalam dunia kesehatan. 

Meringankan kram pada perut saat menstruasi
Meminum sari atau rebusan air serai dapat meringankan kram pada saat menstruasi. Air serai juga bisa menghilangkan rasa mual yang kadang terjadi pada saat wanita datang bulan. Minum air serai ini saat memulai aktivitas yang dimulai sejak pagi hari.

(Baca juga: 4 Minuman untuk Redakan Flu)

Sebagai antioksidan dan pencegah kanker
Serai dapat digunakan sebagai sumber antioksidan yang berfungsi sebagai pembasmi sel-sel penyebab kanker. Serai dapat mematikan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel baik di dalam tubuh. Caranya mudah, yaitu dengan meminum air rebusan atau sari serai secara teratur minimal dua kali sehari.

Dapat memutihkan gigi yang menguning
Gigi menguning jelas membuat Anda merasa tidak percaya diri bukan? Canggung rasanya tersenyum jika gigi tak putih. Hal ini bisa diatasi dengan cara sederhana, yaitu dengan menggunakan serai. Caranya tumbuk serai sampai keluar sarinya, campur dengan sedikit arang dapur lalu gosokan pada gigi. Lakukan minimal seminggu tiga kali. Rasakan perubahan yang terjadi pada gigi Anda.

Menyembuhkan perut kembung
Teh serai terbukti dapat meringankan perut kembung. Kandungan yang ada di dalam serai dapat mengurangi angin yang ada di dalam usus termasuk di dalam perut. Serai mencegah bertambahnya gas dalam usus yang menyebabkan perut kembung.

Meringankan sakit gigi
Serai terbukti meringankan nyeri pada gigi. Caranya dengan berkumur menggunakan sari atau rebusan air serai selama satu menit.





(TIN)