Cegah Obesitas pada Anak, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 24 Aug 2016 10:16 WIB
kesehatan anak
Cegah Obesitas pada Anak, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua
(Foto: Medicinenet)

Metrotvnews.com, Jakarta: Orang tua adalah teladan bagi anak. Orang tua pula yang memegang peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati. Termasuk dalam hal mencegah anak mengidap obesitas.

"Anak pada dasarnya belajar dari lingkungan yang terdiri dari orang tua, teman-teman, bahkan media yang semakin mudah dijangkau. Oleh karena itu, pola asuh orang tua berpengaruh besar," ujar Dra. Naomi Soetikno, Psi., M.Pd, psikolog klinis anak dalam forum Ngobras bertema Mencegah Obesitas Anak dengan Aktif Bergerak, di Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Ia menjelaskan bahwa metode modelling atau meniru merupakan cara paling dasar yang digunakan anak dalam belajar. Oleh karena itu, untuk bisa membiasakan anak menganut pola makan yang sehat dan baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya kelak, orang tua sebaiknya memberikan contoh terlebih dahulu.

"Tunjukkan pada anak bagaimana pola makan baik, tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat jenis agar anak mau meniru," sarannya.

Selain itu, suasana yang mendukung anak saat makan pun perlu diperhatikan. Suasana yang menyenangkan seperti saling bertatap muka dan makan bersama akan lebih disukai. Dengan demikian anak pun menjadi lebih bersemangat untuk makan karena diselingi dengan obrolan intim dalam dengan anggota keluarga lainnya.

"Topik saat makan bersama perlu diperhatikan. Sebaiknya tidak membahas tentang sisi negatif anak, baik secara fisik atau non-fisik. Karena itu akan membuat suasana hatinya jadi buruk," kata dia menyarankan.

Satu lagi hal yang harus menjadi perhatian orang tua, jangan membiasakan anak makan sendiri sambil menonton televisi. Sebab, cara itu akan menjauhkan anak dari kontak sosial dengan orang sekitar.


(DEV)