7 Manfaat Merebus Sayuran

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 01 Sep 2016 11:07 WIB
tips memasak
7 Manfaat Merebus Sayuran
(Foto: Varietyland)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada pendapat yang mengatakan, makan sayuran mentah lebih baik karena kandungan gizinya tidak hilang. Di sisi lain, ada banyak bakteri dan kuman yang tidak mati jika sayuran tidak dimasak.

Merebus adalah cara pengolahan yang baik sebelum sayuran dikonsumsi. Selain membunuh bakteri, merebus sayuran memiliki sejumlah manfaat lain.

1. Menambah cita rasa

Ada beberapa jenis sayuran yang lebih enak disantap setelah direbus. Misalnya, kentang, wortel, buncis.
  
2. Mudah dicerna

Tidak semua sayuran mentah bisa dengan mudah dicerna tubuh. Merebusnya terlebih dahulu membantu kinerja sistem pencernaan. Namun, jangan rebus sayuran terlalu lama agar vitaminnya tidak hilang.

3. Meningkatkan fungsi mineral

Telah dibukti secara ilmiah bahwa merebus sayuran tidak menghilangkan kandungan mineral yang terdapat di dalam sayuran, seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi san sebagainya. Merebus justru menambah fungsinya.

4. Bantu turunkan berat badan

Merebus makanan adalah salah satu teknik pola makan terbaik untuk membantu mengurangi berat badan.

5. Mencegah batu ginjal


Sayuran yang direbus memiliki karakteristik alami mampu mencegah perkembangan batu dalam ginjal. Pastikan Anda mengonsumsi sayuran rebus dalam jumlah yang cukup.

6. Menumbuhkan rambut lebih cepat

Tak hanya mudah dilakukan, merebus sayuran juga dapat membantu pertumbuhan rambut karena ada kandungan tertentu yang baik untuk menunjang proses tersebut.

7. Redakan radang perut


Jika Anda memiliki masalah dengan perut, cobalah makan sayuran yang direbus. Dengan demkian, radang perut bisa berkurang.


(DEV)