Mengenal Pneumonia, Penyakit yang Diderita Hillary Clinton

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 13 Sep 2016 15:18 WIB
kamus kesehatan
Mengenal Pneumonia, Penyakit yang Diderita Hillary Clinton
Hillary Clinton siap kampanye lagi usai sakit (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, didiagnosis terkena pneumonia yang menyebabkan batalnya perjalanannya ke California.

Diagnosa tersebut terungkap setelah Clinton meninggalkan upacara peringatan tragedi 9/11 di New York City. Terdapat video yang menunjukkan dia terlihat limbung saat berjalan.

Apakah pneumonia?

Pneumonia adalah penyakit umum yang ditandai dengan infeksi di paru-paru. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute, penyakit ini paling banyak dialami orang-orang di atas usia 65 tahun, bayi dan anak-anak. Orang-orang yang telah mengalami gangguan kesehatan seperti gagal jantung atau HIV juga berisiko tinggi terkena pneumonia. Selain itu, perokok pun berisiko sama. Namun, telah ada vaksin yang dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit tersebut. (Baca: Waspadai Penyakit Pneumonia Pada Anak)

Bagaimana gejalanya?

Gejala yang didalami bisa ringan, sedang, berat. Batuk, menggigil, demam, dan sesak napas adalah beberapa gejala umum penyakit tersebut. Pada kasus yang parah, penderita bisa mengalami nyeri hebat, keringat berlebih, dan terkadang kebingungan.

Bagaimana pengobatannya?

Pengobatan yang dilakukan bergantung pada tingkat keparahan pasien. Dalam kasus Clinton, dokter pribadinya, Dr Lisa R. Bardack mengatakan  bahwa Clinton telah diberikan antibiotik, ia juga disarankan beristirahat dan memodifikasi jadwalnya.

Hidrasi atau mencukupi kebutuhan cairan penting bagi seseorang dengan pneumonia. Clinton mengalami demam tinggi dan dehidrasi saat kejadian tersebut, kini dia sudah terhidrasi kembali sehingga pulih dengan baik. Istirahat termasuk kunci dalam rencana pemulihan pneumonia, menurut American Lung Association.

Seberapa serius penyakit ini?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), diperkirakan bahwa setiap tahun ada sekitar 1 juta orang yang mendapat di rumah sakit karena pneumonia, namun ada juga yang melakukan pengobatan di rumah.

Penyakit ini dianggap umum, yang disebabkan berbagai macam bakteri atau virus. Bakteri yang paling sering menyebabkan pneumonia disebut Mycoplasma pneumoniae, yang memicu peradangan pada kantung udara dalam paru-paru.

Ada kemungkinan orang-orang yang masih muda bisa terkena. Penyakit ini biasanya menyebar dengan cepat pada akhir musim panas dan awal musim gugur. Mereka yang berkerja di tengah keramaian dinilai lebih riskan terkena penyakit ini.




(DEV)