Oral Seks Bisa Sebabkan Kanker Mulut? Cek Tanda-tandanya

Torie Natalova    •    Sabtu, 26 Nov 2016 09:23 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Oral Seks Bisa Sebabkan Kanker Mulut? Cek Tanda-tandanya
?Oral Seks Bisa Sebabkan Kanker Mulut? Cek Tanda-tandanya (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam 20 tahun terakhir, kanker mulut telah meningkat hingga dua pertiga. Kenaikan angka penderita kanker mulut ini disebabkan oleh rokok dan juga oral seks.

Oral seks bisa menularkan infeksi pada mulut. Human papillomavirus (HPV) kini sering disalahkan sebagai penyebab satu dari tujuh kasus kanker mulut di Inggris. Selain itu, kebanyakan penderitanya adalah kaum muda.

Apa itu kanker mulut?
Kanker mulut merupakan istilah umum yang meliputi kanker bibir, lidah, mulut, amandel dan bagian tengah tenggorokan. Ada sekitar 11.500 kasus baru setiap tahunnya.

Menurut Russ Ladwa dari British Dental Association, kanker mulut terus meningkat tetapi sebagian besar dari mereka tidak mengecek ke dokter gigi. Padahal, deteksi dini sangat penting untuk mengobati kanker.

Apa tanda-tanda kanker mulut?

1. Ulkus tidak kunjung sembuh
Salah satu gejala paling umum adalah sebuah bagian dari kulit mengalami keerusakan dan terkadang tidak menyakitkan.

2. Nyeri mulut yang lama
Tanda kedua yang paling umum adalah nyeri pada mulut yang tak kunjung hilang.

3. Bercak putih atau merah di mulut atau tenggorokan
Ada bentuk yang abnormal di mulut yang bisa jadi pertanda kanker mulut. Ini bisa menjadi daerah sel abnormal yang meski tidak selalu menjadi kanker, tapi bisa berkembang menjadi tumor.

4. Kesulitan menelan
Kanker mulut dapat menyebabkan rasa sakit atau sensasi terbakar ketika Anda mengunyah atau menelan makanan. Tanda lainnya adalah perasaan makanan seperti menempel di tenggorokan. Tapi, para ahli memperingatkan virus HPV dapat menyebar melalui oral seks yang bisa menyebabkan munculnya lebih banyak penyakit.

5. Perubahan suara
Penderita kanker mulut dapat melihat perubahan dalam suara mereka. Bisa menjadi lebih tenang, lebih serak atau bergetar. Tanda-tanda lainnya Anda kesulitan mengucapkan kata-kata dan suara.

6. Benjolan di leher
Seperti hampir semua bentuk kanker, benjolan di leher bisa menunjukkan adanya tumor. Pembengkakan pada salah satu atau lebih kelenjar getah bening di leher adalah tanda umum dari penyakit ini.

7. Penurunan berat badan
Ini adalah tanda lain yang biasanya menjadi pertanda kanker. Penurunan berat badan pada penderita kanker mulut disebabkan oleh nyeri saat makan. Penurunan berat badan yang ekstrim merupakan tanda dari berbagai penyakit. 

8. Bau mulut
Ini mungkin sering dialami oleh banyak orang. Tetapi, penderita kanker mulut mengalami bau mulut yang lebih buruk dan sering dibanding yang lain.

Beberapa gejala lain kanker mulut seperti benjola atau penebalan di bibir, pendarahan yang tidak biasa atau mati rasa di mulut, gigi longgar tanpa alasan yang jelas dan kesulitan menggerakkan rahang.




(ELG)