5 Cara Memperlambat Penuaan

Torie Natalova    •    Rabu, 12 Oct 2016 13:34 WIB
tips kesehatan
5 Cara Memperlambat Penuaan
(Foto: stylecraze)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penuaan adalah fase yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia seiring bertambahnya usia.

Banyak orang menghindari fase ini, terutama perempuan. Maklum, penuaan membuat kulit mengendur sehingga mengurangi keindahannya. Tak heran, jika kemudian mereka rela merogoh kocek yang cukup dalam untuk menghindari penuaan.

Sebenarnya, ada cara alami dan murah untuk mencegah penuaan, seperti dilansir Muscle and Fitness ini.

1. Makan cokelat

Menurut sebuah studi dari Kingston University menemukan, makan dark chocolate selama 14 hari bisa memberi Anda penampilan yang lebih baik. Pada dasarnya, biji kakao mengandung epicatechin, flavonol yang meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh, yang membantu membuka pembuluh darah dan memungkinkan mengirim banyak darah ke seluruh otot-otot tubuh.

2. Ganti yogurt dengan buah

Sebuah studi mengklaim bahwa mikroba dalam yogurt tidak sepenuhnya mampu menghasilkan beragam bakteri baik untuk usus Anda.

Menurut studi tersebut, ada makanan lain selain yogurt yang bisa memperbanyak bakteri baik dalam usus seperti kopi, buah, teh, dan susu kacang. Makanan tersebut juga mengandung asam yang baik untuk populasi bakteri baik dalam usus. Minuman bersoda, susu tinggi lemak, dan pemanis buatan bisa mengurangi populasi beragam bakteri baik pada usus. Karena itu, hindari minuman-minuman tersebut.

3. Metode diet mediterania

Diet mediterania telah lama dipercaya mampu menurunkan kolesterol, risiko penyakit jantung, dan kanker. Diet ini juga bisa memperlambat proses penuaan karena metode diet yang banyak mengonsumsi sayuran dan buah itu bisa menurunkan peradangan yang berhubungan langsung dengan proses penuaan.

4. Jaga pola makan

Berdasarkan penelitian, jumlah, dan jenis makanan yang Anda makan memiliki dampak besar untuk lingkar pinggang Anda. Olahraga teratur menjadi kunci untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan tentu saja bisa menjaga berat badan tetap
ideal.

5. Perbanyak buah-buahan

Berdasarkan studi terbaru dari University of Oxford terhadap 500 ribu orang dewasa di Cina, mengonsumsi banyak buah-buahan setiap hari bisa menurunkan risiko dari penyakit jantung. Idealnya, makan sekitar 3,5 ons buah-buahan setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

 


(DEV)