Amankah Makan Alpukat Saat Diet?

Torie Natalova    •    Sabtu, 15 Oct 2016 15:22 WIB
diet
Amankah Makan Alpukat Saat Diet?
Amankah Makan Alpukat Saat Diet? (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang yang sedang diet menghindari buah alpukat. Memang, buah alpukat sudah sejak lama dikenal mengandung banyak lemak.

Namun, kandungan lemak pada buah alpukat termasuk jenis lemak sehat yang baik bagi kesehatan. Lemak sehat tetap dibutuhkan bagi tubuh meski Anda sedang menjalani program diet.

Lemak sehat bisa menjaga kenaikan gula darah sehingga terhindar dari risiko diabetes. Selain tinggi lemak, buah alpukat juga mengandung tinggi serat. Banyak mengonsumsi serat bisa membuat Anda merasa lebih kenyang dalam jangka waktu lama.

Bagi Anda yang sedang diet, rasa kenyang dalam waktu lama memang sangat dibutuhkan untuk menjaga berat badan. Perut yang kenyang akan membuat Anda mengurangi porsi makan.

Tetapi, perlu diingat bahwa alpukat sangat padat dengan kalori. 4 ons buah alpukat memiliki 180 kalori dan 17 gram lemak. Kemudian, dalam 1 ons alpukat sama dengan 2 seondok makan alpukat tumbuk dan alpukat potong. Kandungan ini tentu tergolong tinggi untuk Anda yang sedang diet. Inilah yang membuat Anda harus berhati-hati mengonsumsi alpukat.

Anda yang gemar mengonsumsi alpukat, cobalah untuk membatasinya. Tiga cara berikut dapat menjadikan alpukat makanan yang bergizi tanpa khawatir bisa menaikkan berat badan.

1. Tambahkan potongan alpukat pada roti gandum, biskuit tinggi serat, sandwich atau irisan apel. Hindari menambahkan susu atau gula dan roti putih.

2. Tambahkan alpukat ke telur kocok atau scramble egg. Alpukat tumbuk juga bisa ditambahkan pada telur rebus. Ini bisa menambah kenikmatan baru makan telur rebus.

3. Taburi salad dengan potongan alpukat di atasnya. Ini akan membuat salad menjadi lebih lezat.

 


(ELG)