Main Ponsel di Tempat Tidur Bisa Sebabkan Kebutaan?

Torie Natalova    •    Sabtu, 19 Nov 2016 11:15 WIB
kesehatan mata
Main Ponsel di Tempat Tidur Bisa Sebabkan Kebutaan?
Main Ponsel di Tempat Tidur Bisa Sebabkan Kebutaan?

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebiasaan mengecek akun media sosial sebelum tidur, sepertinya sudah menjadi kebiasaan hampir semua orang saat ini. Kebiasaan ini juga bisa merusak waktu tidur Anda dan yang lebih mengerikan adalah beberapa wanita mengalami kebutaan sementara setelah menggunakan handphone dalam gelap.

Berdasarkan studi terbaru yang dipublikasikan The New England Journal of Medicine, cahaya terang dari handphone Anda bisa menyabotase penglihatan mata secara total, setidaknya untuk beberapa saat.

Pada satu kasus, seorang wanita berusia 22 tahun mengalami kehilangan penglihatan di mata sebelah kanan hanya pada malam hari. Setelah beberapa tes, dokter tidak mengetahui apa penyebab kebutaan itu.

Kemudian, pada kasus kedua, seorang wanita 40 tahun dilaporkan mengalami kehilangan penglihatan di satu matanya sekitar 15 menit setiap ia bangun tidur.

Akhirnya, para ahli menemukan pemicunya. Kedua wanita yang mengalami kehilangan penglihatan setelah menghabiskan waktu beberapa menit menatap ponsel mereka sambil berbaring di tempat tidur dan ruangan yang gelap.

Apa penyebabnya? Ketika Anda berbaring di tempat tidur sambil melihat ponsel, Anda cenderung melihat dengan satu mata, sementara mata lainnya terhalang bantal. Inilah yang menyebabkan pemutihan photopigmment di mata yang menyesuaikan dengan cahaya terang layar ponsel. Sementara, mata yang lain sibuk beradaptasi dengan gelap dari bantal Anda.

Beruntung, kondisi ini dapat diperbaiki dengan mudah. Cobalah membiasakan diri untuk menatap layar ponsel saat tidur dengan kedua mata.


(ELG)