4 Hal yang Harus Tetap Dijaga Selama Menjalin Asmara

Torie Natalova    •    Selasa, 01 Nov 2016 18:10 WIB
romansa
4 Hal yang Harus Tetap Dijaga Selama Menjalin Asmara
Setiap orang memerlukan teman yang baik dalam kehidupan mereka. Persahabatan membuat kualitas hidup Anda lebih banyak dan dapat membantu di saat Anda membutuhkan mereka. (Foto: Cheatsheet)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat jatuh cinta, Anda cenderung memberikan banyak hal dan janji manis untuk pasangan Anda. Bersikap terlalu berlebihan bisa membuat Anda kehilangan diri sendiri dan menurunkan standar hidup Anda sendiri.

Menjalani sebuah hubungan tidak harus memaksakan dan melebihkan apa yang tidak biasa Anda lakukan. Berikut ini adalah empat hal yang sebaiknya Anda jaga ketika menjalin sebuah hubungan.

1. Menghargai diri
Jangan menjalin hubungan dengan orang yang membuat Anda berpikir buruk tentang diri sendiri. Apakah Anda merasa semakin banyak waktu yang dihabiskan bersama dia, semakin buruk perasaan Anda? Jika ya, ini adalah tanda bahwa sudah waktunya Anda memikirkan lagi hubungan tersebut. 

Terapis Mark Tyrell mengatakan, Anda tidak harus mengikuti keinginan orang lain dan membiarkan jati diri sesungguhnya hilang. "Harga diri Anda tidak harus benar-benar tergantung pada orang yang menjalin hubungan dengan Anda. Faktanya adalah, hubungan memiliki dampak besar pada perasaan. Dan itu termasuk bagaimana cara Anda menghargai diri sendiri," kata Tyrell.

2. Percaya pada hati Anda
Tidak peduli seberapa besar cinta Anda pada si dia, sangat penting untuk mendengarkan suara hati Anda sendiri. Anda tidak perlu menyesuaikan pendapat dan pandangan Anda dengan si dia hanya untuk menjaganya di dekat Anda. Anda cenderung akan mengorbankan hal-hal lain selain keyakinan diri.

Psikolog Margret Paul mengatakan, ada beberapa cara berkompromi yang sehat dengan pasangan. Kompromi atau kerjasama penting dilakukan dalam sebuah hubungan agar Anda tak kehilangan arti diri sendiri. 

"Kebanyakan hubungan mengharuskan kita untuk menurut sampai batas tertentu. Tapi, berapa banyak dari kita yang menurut tanpa harus kehilangan diri sendiri? Sebuah hubungan yang benar-benar cinta adalah hubungan dimana setiap orang menerima dan menghargai perbedaan," ujarnya.

(Baca juga: Bagaimana Mengontrol Pasangan yang Suka Mengumbar Amarah di Medsos)

3. Keluarga
Jika pasangan Anda mencoba menjauhkan Anda dari keluarga, ini harus Anda perhatikan baik-baik. Sikap posesif memang bisa membuat Anda merasa spesial di awal, tapi ketika berjalan semakin lama, sikap mengekang ini bisa menjauhkan Anda dari keluarga dan juga teman. Ini tentu salah!

Psikolog Theresa E. DiDonato mengatakan, harus ada keseimbangan antara waktu Anda bersama keluarga, teman, dan kekasih. Tujuannya, tentu mendapatkan kebahagiaan dari banyak sisi dan pihak, tak hanya pasangan Anda. Ini membantu hubungan Anda, keluarga dan si dia tetap berjalan harmonis.

4. Sahabat
Setiap orang memerlukan teman yang baik dalam kehidupan mereka. Persahabatan membuat kualitas hidup Anda lebih banyak dan dapat membantu di saat Anda membutuhkan mereka. 

Jangan tinggalkan mereka meski Anda memiliki pasangan. Karena, saat Anda dan dia sedang bermasalah, sahabat bisa membuat hari Anda menyenangkan.

Jika Anda memiliki sekelompok sahabat, lakukan yang terbaik untuk membuat mereka tetap dekat. Jika pasangan membuat Anda dan teman menjauh, cobalah untuk menemukan cara menjaga kekompakan dan hubungan dengan para sahabat.






(TIN)