Menonton Televisi Picu Penurunan Kualitas Sperma

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 11 Nov 2016 13:57 WIB
studi kesehatan
Menonton Televisi Picu Penurunan Kualitas Sperma
Kebiasaan makan atau minum berlebih saat menonton TV juga bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya sperma. (Foto: Alignthoughts)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian dari Denmark mengungkapkan bahwa terlalu banyak menonton televisi dapat mengurangi jumlah sperma pada pria. 

Studi tersebut menemukan bahwa pria yang menonton televisi lebih dari lima jam per hari memiliki 29 persen konsentrasi sperma dan 34 persen jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak menonton TV. 

Menariknya, pria yang bermain komputer dengan durasi sama tidak mengalami hal demikian, padahal kedua aktivitas ini tergolong sama dimana hanya duduk diam. Para peneliti tak yakin mengapa menonton TV memberi efek berbahaya pada sperma. 

(Baca juga: Bahaya Terlalu Lama Menonton Televisi)

"Menonton TV terlihat lebih pasif daripada bermain komputer. Dan Anda akan lebih banyak mengambil jeda saat bermain komputer dibandingkan menonton TV," tukas pemimpin penelitian Lærke Priskorn, Ph.D.(c) dari University of Copenhagen.

Kemungkinan, tak adanya pergerakan meningkatkan suhu dalam skrotum atau buah zakar sehingga dapat mengacaukan produksi sperma. 

Selain itu, kurang olahraga juga menjadi salah satu penyebabnya karena enzim antioksidan yang muncul akibat aktivitas fisik dapat membantu perkembangan sel sperma melawan kerusakan. 

Priskorn menambahkan, kebiasaan makan atau minum berlebih saat menonton TV juga bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya sperma. 






(TIN)

Video /