Ini yang Terjadi di dalam Tubuh Anda Saat Terjadi Kecelakaan

Yatin Suleha    •    Jumat, 17 Nov 2017 16:17 WIB
Ini yang Terjadi di dalam Tubuh Anda Saat Terjadi Kecelakaan
Saat terjadi kecelakaan, manusia mengembangkan insting pertahanan dari bahaya yang terjadi. (Foto: Sam Burriss/Unsplash.com)

Jakarta: Apa yang terjadi di dalam tubuh ketika terjadi kecelakaan? Mengapa ada sensasi ekstrem terhadap perasaan "terdesak" dalam kecelakaan? 

Dilansir dari Arrowheadclinic.com terdapat beberapa kejadian saat Anda mengalami sebuah kecelakaan, sebut saja misalnya kecelakaan mobil. "Ada reaksi baik dari dalam tubuh Anda maupun dari pikiran Anda ketika sebuah kecelakaan terjadi," tulis dalam laporan medikal dalam situs tersebut.

(Baca juga: Efek Kecelakaan Mobil pada Penderita Penyakit Jantung)

Saluran udara dan pembuluh darah melebar
Saat terjadi kecelakaan, manusia mengembangkan insting pertahanan dari bahaya yang terjadi. "Fight or flight" (yang menghasilkan tindakan lari atau melawan) yang dapat diasosiasikan dengan kejadian yang mana adrenalin dan hormon alami dilepaskan dalam tubuh Anda untuk mengatasi rasa traumatik pada saat kejadian tersebut terjadi.

Kejadian "Flight or fight" ini salah satu contohnya bisa terjadi ketika Anda dikejar oleh binatang liar, Anda akan secara tiba-tiba mengalami rasa "energetik" yang besar di dalam tubuh Anda. Kekuatan besar yang secara tiba-tiba terjadi ini berfungsi untuk menyelamatkan diri, ataukah untuk melawannya.

Pembuluh darah dan saluran udara di dalam tubuh Anda langsung melebar. Hal ini memunyai tujuan agar pasokan darah ke otot serta oksigen bisa diantarkan sebagai hasil dari kejadian mendadak saat itu. 

Adrenalin yang keluar banyak ini seringnya digunakan oleh tubuh Anda untuk bereaksi dan menghindari bahaya, atau bahkan bisa untuk membantu sesama.


(Hal lain atas kejadian yang tidak terprediksi seperti kecelakaan adalah Anda bisa menangis karena tekanan gelombang besar adrenalin. Foto: Tom Pumford/Unsplash.com)

Bisa lupa
Mengalami sebuah kecelakaan mobil bisa masuk ke dalam kejadian atau peristiwa bencana. Kecelakaan mobil bisa dari yang tabrakan fatal atau hanya bagian spatbor mobil saja yang patah, dapat meninggalkan perasaan tertentu dalam tubuh Anda.

"Seringnya orang tidak menyadari cederanya setelah mengalami kecelakaan dan bisa jadi secara detail sulit mengingat kejadian," tulis dalam laporan tersebut.

Paska kecelakaan
Tidak jarang tangan Anda bisa tremor (tergoncang) dan merasa lelah. Hal ini karena gula darah Anda menurun setelah Anda gunakan secara tiba-tiba saat kejadian kecelakaan atau bahaya tadi terjadi.

"Terkadang juga kehilangan adrenalin dan endorphine bisa menghasilkan rasa pingsan. Pingsan ini bisa terjadi diakibatkan karena gula darah Anda turun dan detak jantung Anda juga turun, serta ada respons rasa bingung," jelas tulisan tersebut lagi.

"Hal lain atas kejadian yang tidak terprediksi tersebut adalah Anda bisa menangis karena tekanan gelombang besar adrenalin tersebut yang terjadi secara tiba-tiba. Biasanya bentuk akhirnya Anda bisa menangis," tambah tulisan tersebut lagi.








(TIN)