Kesepian Tidak Baik untuk Kesehatan

Raka Lestari    •    Rabu, 04 Oct 2017 11:32 WIB
psikologi
Kesepian Tidak Baik untuk Kesehatan
Stres seperti yang kita tahu merupakan pembunuh secara diam-diam yang memproduksi kortisol, hormon ini disebut juga hormon stres. (Foto: Cam Adams/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Viviek H. Murthy seorang ahli kesehatan dan ahli bedah umum kesepian dapat membunuh Anda secara perlahan-lahan. 

The Harvard Business Review mempublikasikan sebuah essay dari Murthy mengenai bagaimana cara memperbaiki hubungan antar manusia di tempat kerja, karena manusia umumnya lebih banyak menghabiskan waktu di tempat kerja dibandingkan tempat lainnya. 

"Selama aku menangani pasien, penyakit yang paling banyak terjadi bukanlah penyakit jantung atau diabetes, tetapi kesepian. Aku juga menemukan bahwa kesepian sering menjadi pemicu beberapa penyakit kronis dan berkontribusi terhadap penyakit dan mempersulit pasien untuk sembuh."



(Baca juga: 5 Penyebab Stres yang Sering Tidak Disadari)

Murthy yakin bahwa rasa kesepian itu menyebar dan terkadang tidak terlalu diperhatikan oleh penderitanya sehingga tidak ditangani dengan baik. 

Ketika Anda merasa kesepian, rasanya sangat tidak menyenangkan bukan? Menurut pengamatan Murthy, manusia memiliki kemampuan untuk saling membantu dan saling berbagi sehingga bisa menghadapi masalah-masalah yang ada, "nilai dari koneksi sosial ada dalam sistem saraf kita sehingga sehingga dapat mencegah rasa stres di tubuh."

Stres seperti yang kita tahu merupakan pembunuh secara diam-diam yang memproduksi kortisol, hormon ini disebut juga hormon stres. Hormon ini terlibat pada respons stres, sistem kekebalan tubuh, dan perilaku seseorang.



Dari sinilah Anda melakukan pengambilan keputusan, perencanaan, regulasi emosional, analisis, dan pemikiran abstrak. Merasa kesepian membuat Anda tidak rasional. 

Murthy menyarankan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi kesepian adalah membangun koneksi dengan teman-teman. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah jika Anda merasa kesepian, minumlah obat dan mulailah berkumpul bersama teman-teman Anda. 










(TIN)