Frekuensi Keramas Tergantung Jenis Rambut

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 05 Feb 2018 08:51 WIB
tips & trik
Frekuensi Keramas Tergantung Jenis Rambut
Membersihkan rambut tak harus setiap hari karena tergantung jenis rambut. Namun, aktivitas seharian juga memengaruhi seberapa sering sebaiknya membersihkan rambut. (Foto: Fineas Gavre/Unsplash.com)

Jakarta: Membersihkan rambut tak harus setiap hari karena tergantung jenis rambut. Namun, aktivitas seharian juga memengaruhi seberapa sering sebaiknya membersihkan rambut. 

Berikut adalah beberapa tips frekuensi keramas sesuai tekstur rambut. 

1. Rambut keriting dan bergulung: Sekali seminggu
Jessica O'Brien selaku penata rambut di Ouidad di New York Citymengatakan, alih-alih mencari panduan ketat, cucilah rambut jika kotor. "Kotor, maksudnya kotor yang menumpuk. Keringat dan minyak bukanlah kotor."

Jika tidak, bilaslah dengan air. Rambut keriting memiliki kutikula yang lebih tinggi (tidak rata seperti rambut lurus) karena adanya lengkungan pada rambut. Hal ini memungkinkan kelembapan alami mudah keluar sehingga hampir selalu kering secara alami. Mereka yang memiliki rambut keriting harus menggunakan sampo pelembap setiap kali keramas. 


(Membersihkan rambut tak harus setiap hari karena tergantung jenis rambut. Namun, aktivitas seharian juga memengaruhi seberapa sering sebaiknya membersihkan rambut. Foto: verne Ho/Unsplash.com)

(Baca juga: Blow Kering Rambut yang Salah)

2. Rambut lurus dan berombak: Setiap dua atau tiga hari
Rambut lurus dan bergelombang akan bervariasi dalam sifatnya yang lembut. Davide Marinelli, pendidik Oribe dan pemilik Davide Hair Studio, mengatakan bahwa menciptakan rutinitas yang disesuaikan adalah kunci.

"Temukan sistem yang memberi tekstur rambut Anda tanpa menimbangnya, Anda mungkin harus menguji apa yang terbaik bagi Anda untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan seperti menggunakan kondisioner, sampo untuk jenis rambut tertentu misalnya," terangnya.

Untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut, cobalah menjaga agar minyak tetap alami dan tidak terlalu bersih. Namun, bagi yang gemar olahraga, sebaiknya gunakan sampo yang tak banyak busa agar tetap bersih tetapi tak terasa kesat. 










(TIN)