Cara Unik Jaga Daya Tahan Tubuh, Salah Satunya Kegiatan Seksual

Torie Natalova    •    Senin, 04 Dec 2017 15:08 WIB
kesehatan
Cara Unik Jaga Daya Tahan Tubuh, Salah Satunya Kegiatan Seksual
Melakukan hubungan intim setidaknya sekali atau dua kali seminggu dapat meningkatkan produksi imunoglobulin A dalam tubuh, yakni antibodi yang melawan virus juga bakteri hingga 30 persen. (Foto: Ryan Graybill/Unsplash.com)

Jakarta: Menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk menghindari dari berbagai macam penyakit. Bakteri, virus, dan kuman lain dapat dengan mudah menyerang tubuh ketika daya tahan tubuh menurun.

Selain mengonsumsi vitamin, suplemen dan makanan sehat seperti perbanyak sayuran serta buah-buahan, ada beberapa trik unik yang dapat Anda contoh untuk memertahankan daya tahan tubuh yang kuat.


(Studi menemukan bahwa pria yang menghabiskan enam jam menapaki hutan selama dua hari memiliki tingkat sel pembunuh alami yang memerkuat kekebalan dan membantu melawan kanker. Foto: Pixabay.com)

1. Jalan-jalan di hutan
Para ilmuwan Jepang mulai memberikan 'resep' terapi berjalan di hutan sebagai cara untuk bersantai dan meningkatkan kekebalan tubuh. Studi menemukan bahwa pria yang menghabiskan enam jam menapaki hutan selama dua hari memiliki tingkat sel pembunuh alami yang memerkuat kekebalan dan membantu melawan kanker.

Jika kurang nyaman dengan hutan, carilah taman atau halaman belakang rumah. Pada dasarnya, berada di alam adalah pereda stres alami dan relaksasi yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

(Baca juga: Resep Alami Meningkatkan Kekebalan Tubuh dalam 10 Hari)

2. Bermain drum
Peneliti dari pusat kesehatan di California menemukan bahwa penggebuk drum atau drummer memiliki tingkat sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi dalam darah mereka. Anda pun bisa mengganti drum dengan memainkan beberapa ritme lagu dengan menggunakan bantal atau panci di dapur.


(Melakukan hubungan intim setidaknya sekali atau dua kali seminggu dapat meningkatkan produksi imunoglobulin A dalam tubuh. Foto: Benjaminrobyn Jespersen/Unsplash.com)

3. Bercinta
Beritahu suami atau istri Anda untuk melakukan hubungan seks. Melakukan hubungan intim setidaknya sekali atau dua kali seminggu dapat meningkatkan produksi imunoglobulin A dalam tubuh, yakni antibodi yang melawan virus juga bakteri hingga 30 persen. 

Selain seks, Anda bisa meluangkan waktu berdua dengan duduk berpelukan sambil menonton film komedi. Tertawa dapat meningkatkan pertolongan tubuh Anda melawan antibodi sel T.

4. Minum susu asam
Kefir, merupakan sejenis susu yang difermentasi dengan biji-bijian. Proses fermentasi memberikan kefir lima kali probiotik untuk melawan penyakit yang biasa ditemukan dalam yogurt. Jika sulit mendapatkan kefir, minum yogurt juga membantu kelenjar tiroid Anda mengatur sistem kekebalan tubuh.

Selain yogurt yang mengandung yodium, telur, susu dan garam meja beryodium juga baik dikonsumsi untuk memantu kelenjar tiroid bekerja dengan maksimal.










(TIN)