Cegah Batu Ginjal, Batasi Konsumsi Makanan Ini

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 14 Feb 2018 10:01 WIB
kamus kesehatan
Cegah Batu Ginjal, Batasi Konsumsi Makanan Ini
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Beberapa jenis penyakit muncul akibat pola hidup yang tak sehat, misalnya batu ginjal.
Gangguan yang dipicu karena adanya batu pada saluran kemih ini tak hanya disebabkan oleh kebiasaan kurang minum air, tetapi juga konsumsi makanan tertentu yang berlebihan.

"Konsumsi makanan-makanan yang mengandung kristal dapat menyebabkan batu ginjal. Jika minum air cukup tapi asupan kristal tinggi, maka sama saja bisa bisa terjadi pengendapan," terang ahli urologi dr Hery Tiera, Sp.U dalam temu media, Selasa 13 Februari 2018.

Dokter yang bertugas di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) tersebut pun menjabarkan beberapa kandungan zat yang dapat memicu pengkristalan di area kemih.

Ia menekankan bahwa pengkristralan tak hanya dipicu oleh satu zat, tetapi juga beberapa seperti kalsium, foafat, asam urat, dan oksalat.

Kalsium banyak terdapat pada produk susu dan keju. Sementara, kandungan asam urat banyak terdapat pada kacang-kacangan seperti mede atau kacang bumbu yang kerap disajikan dalam makanan.

Konsumsi sayuran hijau, biji-bijian, atau melinjo juga perlu dibatasi bila ingin terhindar dari gangguan batu ginjal.

Kemudian, kandungan oksalat yang terdapat pada daging merah, seperti daging sapi, daging kambing, dan daging babi; juga perlu diperhatikan agar tidak terlalu banyak masuk ke dalam tubuh.

"Kalau dimakan dalam jumlah normal, tak berlebihan, tak masalah. Asal jangan tiap hari," tutupnya.




(DEV)