Apakah Itu Uncuffing Season?

Raka Lestari    •    Selasa, 27 Mar 2018 07:05 WIB
romansapsikologi
Apakah Itu Uncuffing Season?
Lebih banyak melakukan kegiatan di luar ruangan yang dihabiskan di bawah sinar matahari berarti bertemu dengan orang baru, bersosialisasi lebih banyak, dan secara keseluruhan akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia. (Foto: Almos Bechtold/Unsplash.com

Jakarta: Salah satu istilah yang terkenal dalam sebuah hubungan pasangan berkaitan dengan cuaca adalah Uncuffing Season. Uncuffing Season adalah mulai masuknya musim semi di mana cuaca mulai menghangat.

Dalam Urban Dictionary mendefinisikan "Uncuffing Season" adalah antara musim semi dan musim panas di mana orang-orang memiliki hubungan pasangan akan putus. Ini mungkin terjadi pada negara dengan empat musim.

Namun menurut psikolog dan pekerja sosial Dr Danielle Forshee mengatakan penurunan paparan sinar matahari selama masa-masa musim dingin dan peningkatan selama musim panas ada hubungannya dengan peningkatan putusnya sebuah hubungan saat cuaca mulai hangat. 

Dia mengatakan kepada Cosmopolitan bahwa cuffing season terjadi karena "Adanya penurunan sinar matahari, dan tubuh memproduksi lebih banyak melatonin, hormon yang merespons kemurungan dan membuat Anda lelah, dan menghasilkan lebih sedikit serotonin, neurotransmitter yang membuat kita merasa bahagia dan merasa lebih baik."


(Lebih banyak melakukan kegiatan di luar ruangan yang dihabiskan di bawah sinar matahari berarti bertemu dengan orang baru, bersosialisasi lebih banyak, dan secara keseluruhan akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Foto: Kiwihug/Unsplash.com)

(Baca juga: Tips Menghangatkan Tubuh Saat Cuaca Dingin)

Tetapi "Ketika sinar matahari sudah semakin meningkat, otak menghasilkan lebih sedikit melatonin dan lebih banyak serotonin, membuat Anda merasa lebih bahagia, sehingga Anda mungkin tidak merasa perlu berada di sekitar orang lain untuk memberikan rasa aman dan bahagia," katanya. 

Sehingga, pada saat cuaca sudah mulai menghangat Anda merasa tidak membutuhkan pasangan dan memiliki hasrat untuk pergi keluar mencari suasana baru.

Lebih banyak melakukan kegiatan di luar ruangan yang dihabiskan di bawah sinar matahari berarti bertemu dengan orang baru, bersosialisasi lebih banyak, dan secara keseluruhan akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia.







(TIN)