Makan Jamur Saat Sarapan Bantu Jaga Berat Ideal

Nia Deviyana    •    Selasa, 24 Oct 2017 16:48 WIB
diet
Makan Jamur Saat Sarapan Bantu Jaga Berat Ideal
(Foto: Indian Express)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sarapan menjadi kunci untuk menjaga berat badan ideal. Namun, jangan asal memilih menu sarapan karena bisa membuat Anda bertambah lapar dan makan banyak kalori pada saat makan siang.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Appetite menemukan bahwa menambah porsi jamur saat sarapan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Anda pun dapat menghindari konsumsi kalori ekstra sepanjang hari.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa ada manfaat nutrisi dan efek mengenyangkan sehingga baik untuk menambahkan jamur pada menu sarapan, atau mengganti sebagian porsi daging dengan jamur," ujar penulis studi Joanne Slavin, Profesor di Universitas Minnesota, Amerika Serikat.

Protein disebut-sebut sebagai makronutrien yang mengenyangkan. Oleh karena itu, peneliti ingin membuktikannya lewat intervensi jamur dan daging yang memiliki jumlah kalori sebanding.

Peneliti membagi dua kelompok yang mana satu kelompok diberi sarapan 28 gram daging selama 10 hari, sementara kelompok sisanya diharuskan mengonsumsi 226 gram jamur.

Hasilnya, peserta yang mengonsumsi jamur ketika sarapan merasa tidak mudah lapar atau terlalu kenyang yang menyebabkan kantuk, dibandingkan mereka yang mengonsumsi daging saat sarapan.




(DEV)