Bukan Bentuk, Tinggi Hak Sepatu yang Sebabkan Kaki Pegal

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 24 Oct 2017 18:20 WIB
kesehatan
Bukan Bentuk, Tinggi Hak Sepatu yang Sebabkan Kaki Pegal
(Foto: Independent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sering pegal karena memakai sepatu hak tinggi? Jika Anda pikir itu karena bentuk sepatu, maka Anda salah.

Meredith Leigh Ward, D.P.M., seorang dokter kaki dari Moore Foot and Ankle Specialists di Asheville, North Carolina mengungkapkan bahwa kebanyakan sepatu hal tinggi yang membuat sakit dapat ditentukan dari tinggi sepatu tersebut.

"Hak sepatu setinggi lebih dari lima sentimeter dapat menimbulkan tekanan hebat pada metatarsal, tulang di bawah kaki," jelas Ward.

Tekanan yang menimbulkan rasa tak nyaman tersebut dapat berujung pada peradangan, nyeri, retak, bahkan saraf terjepit.

Oleh karena itu, Ward menyarankan untuk menggunakan sepatu dengan hal dibawah 5 sentimeter agar tidak memberikan tekanan yang signifikan pada metatarsal, tekanan tersebut dapat terdistribusi antara hak sepatu dan kaki depan. Selain itu, hal tersebut juga dapat membantu menyeimbangkan kaki.

Bila Anda masih merasa kesakitan meskipun hak sepatu sudah dikondisikan, cobalah gunakan bantalan sepatu pada bagian depan atau seluruh alas. Melepaskannya sesekali juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

Ward juga menyarankan untuk menggunakan sepatu hak dengan tali pada pergelangan kaki. Tambahan tersebut dapat membantu melindungi kaki, meningkatkan stabilitas, dan mengurangi risiko kulit kaki tergesek.




(DEV)