4 Cara Menghindari Stres Akibat Tekanan Kerja Akhir Tahun

Raka Lestari    •    Rabu, 22 Nov 2017 15:37 WIB
tips kesehatan
4 Cara Menghindari Stres Akibat Tekanan Kerja Akhir Tahun
Sesuatu hal yang berhubungan dengan akhir tahun terkadang sangat menyebalkan, terutama bagi para karyawan. (Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sesuatu hal yang berhubungan dengan akhir tahun terkadang sangat menyebalkan, terutama bagi para karyawan. Tak jarang, perusahaan meminta karyawan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan lebih awal yang pada akhirnya menyebabkan stres.

Menghadapi setiap tekanan dengan kepala dingin merupakan kunci agar tidak mudah stres. Selain itu, lakukan hal ini agar tekanan akhir tahun dapat dilewati dengan baik.

1. Buat jadwal untuk 'me time'

Menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman dan keluarga memang sangat menyenangkan, tetapi terkadang kita juga menjadi lupa terhadap diri sendiri. Jika Anda merasa lelah, Anda bisa mengisi ulang energi Anda dengan melakukan 'me time'. Entah itu membaca buku-buku bagus atau menikmati pemandangan saat matahari terbenam. Menyisihkan waktu 30 menit dalam satu hari untuk diri sendiri dapat meningkatkan suasana hati dan stamina Anda.

2. Berolahraga

Berolahraga tentu tidak menjadi prioritas utama saat Anda sibuk. Padahal, berolahraga membantu mengurangi stres. Aktivitas fisik, bahkan dengan hanya hal-hal kecil seperti berjalan atau naik sepeda dapat mengurangi level kortisol, hormon yang bertanggung jawab menyebabkan stres.

3. Meditasi

Saat berada pada situasi yang membuat Anda merasa stres, meditasi menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan. Melakukan meditasi secara teratur bisa mengubah kimia di otak sehingga stres berkurang. Dengan merasa rileks dan meluangkan waktu sejenak untuk mengenali perasaan batin, Anda bisa menjernihkan pikiran Anda untuk hari-hari yang akan datang.

4. Tidur siang

Para ahli telah menemukan bahwa daya tidur yang berlangsung selama 10-26 menit sebenarnya dapat meningkatkan produktivitas. Beberapa bahkan menyarankan untuk minum secangkir kopi sebelum Anda tidur siang.




(DEV)