Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

   •    Rabu, 21 Mar 2018 10:30 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Ilustrasi. (Thinkstock)

Jakarta: Ada pepatah mengatakan kesehatan gigi dan mulut adalah cermin dari kesehatan tubuh. Kesehatan gigi yang tak terjaga bukan cuma menimbulkan masalah dalam rongga mulut namun juga bisa berdampak serius pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Praktisi kesehatan dr Merry Sulastri mengatakan bakteri jahat yang hidup di rongga mulut dapat dapat menginfeksi dan menginvasi organ tubuh lain melalui aliran darah. Bahkan penyakit sistemik seperti diabetes dan kencing manis menunjukkan manifestasi secara klinis di area mulut.

"Sepertiga penderita diabetes mengalami xerostomia atau produksi kelenjar liurnya menurun. Kondisi ini merupakan faktor predisposisi terjadinya infeksi rongga mulut," katanya, dalam Selamat Pagi Indonesia, Selasa, 20 Maret 2018.

Merry mengatakan sudah banyak penelitian yang membuktikan adanya hubungan antara karies gigi atau infeksi gusi dengan peningkatan risiko kematian akibat sakit jantung atau stroke.

Orang yang kesehatan giginya tidak dijaga, kata Merry, dua kali lipat berpotensi mengalami serangan jantung dan tiga kali lipat berpotensi terkena stroke. 

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, menyikat gigi rutin dua kali sehari adalah yang paling mudah dilakukan. Selain itu penggunaan dental flosh atau benang gigi dan obat kumur juga diperlukan untuk mempertahankan kesehatan gigi.

"Jadi jangan pakai tusuk gigi, pakai dental flosh. Hindari minum kopi, alkohol, soda, dan konsultasi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali," katanya.

Tak cuma perawatan gigi rutin, Merry mengingatkan bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut harus dimulai sejak pertama kali gigi susu anak tumbuh. Sedini mungkin anak-anak harus diajarkan untuk merawat gigi susu.

"Karena kalau gigi susu sudah infeksi akan memengaruhi pertumbuhan gigi tetapnya. Kalau dari kecil sudah diajarkan menjaga kesehatan rongga mulut otomatis kebiasaan itu akan terbawa sampai besar," ungkapnya.




(MEL)