Gemar Bermain Video Game dapat Turunkan Hasrat Seks Pria

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 13 Jun 2017 13:48 WIB
seks dan kesehatan
Gemar Bermain Video Game dapat Turunkan Hasrat Seks Pria
(Foto: Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa pria yang senang  bermain video game cenderung mengalami ejakulasi dini dan memiliki hasrat seksual yang lebih rendah.

Video game adalah jenis permainan yang digemari lebih dari 1,2 juta orang di dunia dan kebiasaan tersebut dapat memengaruhi kesehatan, termasuk dalam kehidupan seks.

Studi yang dipublikasikan secara daring dalam The Journal of Sexual Medicine tersebut mensurvei 396 pria berusia 18-50 tahun dengan pertanyaan seputar fungsi ereksi, kebiasaan bermain video game, dan gaya hidup keseharian.

Tim tersebut berspekulasi bahwa penurunan hasrat seks tersebut berhubungan dengan rangsangan berlebih pada dopamin, hormon yang membuat seseorang senang yang muncul saat bermain video game. Mereka berhipotesa bahwa produksi hormon yang besar tersebut dapat menyebabkan pemain video game menciptakan toleransi hormon sehingga tak terlalu tertarik pada seks.

"Saya pikir video game mirip dengan olahraga fisik dalam hal tertentu dimana bila dilakukan sesekali akan memberi efek menguntungkan. Namun bila dilakukan beberapa kali maka maka akan terjadi persilangan antara 'penggunaan sesekali' dan 'penyalahgunaan kronik' sehingga akan memberikan efek buruk," terang pemimpin studi Dr. Andrea Sansone.

Meski demikian, bermain video game tak selalu memberi efek buruk karena dapat meningkatkan kemampuan fungsi kognitif, seperti fokus dan pemprosesan otak.

Sebuah artikel yang dipublikasikan dalam Sage Journals menyebutkan bahwa bermain video game mengharuskan pemainnya fokus, cepat bergerak dan memutuskan sesuatu; yang membuat fungsi kognitif semakin kuat.


(DEV)