Mengenal Hyperemesis Gravidarum yang Diderita Kate Middleton dan Cara Mengatasinya

Nia Deviyana    •    Rabu, 06 Sep 2017 17:58 WIB
kesehatan ibu
Mengenal Hyperemesis Gravidarum yang Diderita Kate Middleton dan Cara Mengatasinya
(Foto: via BBC)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berita bahagia datang dari Kensington Palace, mengabarkan Kate Middleton tengah mengandung anak ketiga. Sayangnya, Kate lagi-lagi menderita hyperemesis gravidarum (HG) atau mual dan muntah yang cukup parah seperti kehamilan sebelumnya.

Jika berlangsung dalam waktu lama, HG bisa menyebabkan dehidrasi, kelelahan, dan pusing. Sementara dari sisi psikologis, HG bisa menyebabkan rasa takut dan frustasi pada ibu.

HG memang bisa saja berdampak tidak baik padaa janin. Namun, HG bukanlah indikator kehamilan yang tidak sehat.

Saat mengalami HG, ibu baiknya selalu berada dalam pengawasan dokter untuk memastikan dirinya tidak mengalami penurunan berat badan drastis, serta nutrisinya tercukupi dengan baik.

Selain itu, ada beberapa tips untuk menangani HG seperti dikutip dari BBC.

1. Tulis pengalaman di buku harian. Pukul berapa ibu sering mengalami mual dan muntah, dan kapan waktu-waktu mereka bisa menikmati makanan. Catatan ini bisa menjadi rujukan saat ibu saat berkonsultasi dengan dokter agar bisa diberikan obat yang tepat.

2. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Disarankan minum air dalam porsi kecil, tetapi sering.

3. Beberapa ibu hamil mual jika mencium bau masakan. Jika demikian, hindari sebisa mungkin.

4. Makanan tinggi karbohidrat dan rendah lemak seperti kentang, nasi, dan pasta biasanya tidak menyebabkan mual. Selain makanan berat, sering-seringlah ngemil biskuit untuk mencegah pusing dan kekurangan tenaga.

5. Mencampurkan jahe ke dalam minuman bisa meredakan mual. Beberapa ibu hamil juga merasa lebih baik setelah mengunyah permen karet.




(DEV)