Alasan Utama Mengapa Seseorang Ingin Bunuh Diri

Yatin Suleha    •    Jumat, 21 Jul 2017 14:51 WIB
psikologi
Alasan Utama Mengapa Seseorang Ingin Bunuh Diri
Walau tak nyaman untuk menanyakan kepada seseorang-yang mengalami depresi tentang keinginan untuk bunuh diri, namun jangan halangi diri Anda untuk menanyakan hal tersebut pada siapa yang Anda curigai. (Foto: Dok. Linkinpark.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kematian Chester Bennington, (41) cukup mengguncang dunia. Seperti diberitakan TMZ, Chester diduga bunuh diri dengan cara menggantung diri. Menurut sumber penegak hukum, Chester ditemukan tak bernyawa di kediaman pribadinya di Palos Verdes Estate di Los Angeles pada Kamis, 20 Juli 2017 waktu setempat.

Alex Lickerman M.D, dari Psychologytoday.com mengatakan bahwa tidak ada jaminan seseorang bahkan orang terkenal untuk tidak bunuh diri. 

(Baca juga: Menangani Penderita Bipolar agar Tak Terjebak Keinginan Bunuh Diri)



Merasa depresi

Alex menjelaskan bahwa mereka yang ingin bunuh diri adalah mereka yang tertekan. Depresi adalah alasan paling umum orang untuk bunuh diri. Depresi parah selalu disertai dengan keyakinan bahwa bunuh diri adalah pelarian karena sudah tidak ada lagi harapan.

"Seseorang yang mengalami hal ini biasa menyembunyikan rencana untuk bunuh diri tanpa ada satu pun yang mengetahuinya," ucap Alex.

"Dan, biasanya walau tak nyaman untuk menanyakan kepada seseorang-yang mengalami depresi tentang keinginan untuk bunuh diri, namun jangan halangi diri Anda untuk menanyakan teman, sahabat, bahkan keluarga tentang apakah mereka ingin bunuh diri. Alasannya karena sangat mungkin seseorang yang depresi tersebut bisa disembuhkan."










(TIN)