Cegah Batu Ginjal dengan Ini

Yatin Suleha    •    Kamis, 20 Apr 2017 18:17 WIB
kesehatan
Cegah Batu Ginjal dengan Ini
Menurut berbagai junal dapat disimpulkan ada beberapa kebiasaan yang meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal, salah satunya karena kurang minum. (Foto: Youtube. Dok. Batugin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lebih dari 1 juta orang Indonesia tekena baju ginjal (Riskesdas, 2013) dan 4 dari 10 penderita batu ginjal memiliki keluarga dengan penyakit yang sama. 

Dan yang paling mengagetkan juga selama ini kita beranggapan bahwa penyakit batu ginjal terjai saat usia sudah tua. Namun, ternyata risikonya dimulai pada usia 25-34 tahun. Pada usia tersebut, 1 dari 7 orang dapat berisiko terkena batu ginjal.

Menurut berbagai junal dapat disimpulkan ada beberapa kebiasaan yang meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal, antara lain:

1. Kurang minum lebih berisiko 7,6 kali lipat terkena batu saluran kemih.

2. Kebiasaan menahan berkemih berisiko 9 kali lipat terkena batu saluran kemih.

3. Duduk lama berisiko 3,8 kali lipat terkena batu saluran kemih.

4. Banyak minum minuman bersoda berisiko mengalami batu saluran kemih.

Dan Kimia Farma sebagai perusahaan milik Negara peduli akan kesehatan ginjal yang merupakan organ yang sangat vital dalam tubuh manusia mengeluarkan Batugin. 

"Batugin adalah obat herbal pertama di Indonesia yang pernah ada untuk mencegah dan menghancurkan batu ginjal, yang terbuat dari ekstrak daun tempuyung dan ekstrak daun kejibeling dan secara turun menurun sudah terbukti khasiatnya," ujar Pujianto, selaku Direktur Pengembangan Kimia Farma.

Dan Farhan sebagai Brand Ambassador dari Batugin yang akan mengikuti kejuaraan triathlon di Sungailiat, Pangkal Pinang dipercaya memiliki ginjal yang sehat sehingga bisa melakukan persiapan triathlon hingga sejauh ini karena mengonsumsi Batugin yang merupakan obat herbal pertama penghancur dan pencegah batu ginjal.

"Kami ucapkan selamat kepada Farhan dalam mengikuti kejuaraan triathlon di Sungailiat, Pangkal Pinang. Kami berharap dapat maksimal dan dapat meraih juara," tutup Pujianto.


(TIN)