Ungkap Makna Langkah Pertama si Kecil

Yatin Suleha    •    Jumat, 11 Nov 2016 17:16 WIB
perkembangan anak
Ungkap Makna Langkah Pertama si Kecil
Di usia 12-15 bulan bayi umumnya mulai bisa berjalan, jadi latihlah anak Anda berjalan dengan membimbingnya memperkuat motoris kasarnya. (Foto: Artjoker.net)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orangtua yang mengharapkan si kecil cepat-cepat bisa jalan. Namun, rentang usia anak mulai bisa berjalan bervariasi dari termuda sekitar 9 bulan sampai usia 18 bulan. 

Dr. Tb. Rachmat Sentika, SpA, MARS, dari FKUI-RSCM, Jakarta menjelaskan rentang usia anak mulai bisa bejalan bisa tidak sama. Dr. Rachmat menambahkan lagi bahwa secara bertahap bayi mulai bisa mengangkat lehernya di usia 3-4 bulan. Kemudian dia mulai bisa duduk di usia 6 bulan, dan mulai bisa berdiri di usia 9 bulan.

(Baca juga: Usia Orangtua Bisa Pengaruhi Kondisi Kesehatan Anak)

"Di usia 12-15 bulan bayi umumnya mulai bisa berjalan, jadi latihlah anak Anda berjalan dengan membimbingnya memperkuat motoris kasarnya tanpa alat-alat seperti baby walker," ungkap Dr. Rachmat.

Lain lagi kata Laura A. Jana MD, dokter anak di Omaha, Amerika melalui tulisannya "Heading Home with Your Newborn: From Birth to Reality," mengatakan bahwa kebanyakan anak mulai bisa berjalan di usia 1 tahun, juga masih termasuk normal di rentang usia 8-15 bulan.

Laura mengatakan bahwa anak-anak yang memulai sejak dini-usia 9 dan 10 bulan-lebih sembrono. Mereka tidak perduli jika jatuh, mereka akan bangaun dan mencoba lagi. "Dan anak-anak yangn belum berjalan sampai 14-15 bulan, lebih berhati-hati dan jarang tersandung," ulas Laura.






(TIN)