Kurang Vitamin D Bikin Suasana Hati Memburuk

Nia Deviyana    •    Rabu, 23 Nov 2016 15:41 WIB
tips kesehatan
Kurang Vitamin D Bikin Suasana Hati Memburuk
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Vitamin D yang terdapat pada produk susu dan paparan sinar matahari pagi, tak hanya baik untuk menjaga kekuatan tulang. Penelitian yang dilakukan belum lama ini menyebutkan, terapi vitamin D memberi kontribusi positif terhadap pasien penyakit jantung dan kanker payudara.

Apa jadinya jika tubuh kekurangan vitamin D? Apakah hanya berpengaruh terhadap tulang? Berikut penjelasannya, seperti dilansir Medical Daily.


1. Menurunkan suasana hati Jumlah seretonin (hormon di dalam otak) sangat berpengaruh terhadap suasana hati. Artinya, kekurangan hormon ini dapat menurunkan suasana hati. Untuk meningkatkan seretonin, berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi adalah cara yang direkomendasikan.

2. Kegemukan

Vitamin D melarutkan lemak. Dalam sebuah penelitian ditemukan, orang-orang yang gemuk cenderung mengalami defisiensi vitamin D. Begitu juga dengan orang-orang yang menderita sindrom kelelahan kronis dan fibromyalgia.

3. Kepala berkeringat

Tanda kekurangan Vitamin D yang paling klasik terjadi pada anak-anak adalah kepala berkeringat. Hal ini biasanya merupakan gejala rakhitis atau pelunakan tulang.

Sedangkan, pada bayi yang baru lahir, keringat kepala yang berlebihan karena gejala neuromuscular masuk dalam kategori umum sebagai gejala awal kekurangan Vitamin D.

4. Masalah pada perut

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak, sehingga kekurangan vitamin ini akan berpengaruh terhadap kemampuan tubuh menyerap lemak. Hal ini tak hanya mengakibatkan kegemukan, tetapi juga meningkatkan risiko beberapa penyakit yakni crohn, celiac, peradangan usus, dan sensitif terhadap gluten.

 


(DEV)