7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Selain Wortel

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 30 Jun 2018 13:12 WIB
tips kesehatan
7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Selain Wortel
(Foto: Mirror)

Jakarta: Wortel adalah makanan yang dikenal penting untuk menjaga kesehatan mata. Namun, jika Anda bosan dengan wortel, terdapat beberapa makanan lain untuk variasi yang juga berkhasiat menurunkan risiko kerusakan mata.

1. Bayam

Dilansir dari The Health Site, sayuran hijau satu ini kaya antioksidan, yaitu lutein dan zeaxathin, yang dapat mencegah degenerasi makula terkait usia dan katarak yang seringkali menyerang orang tua.

2. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A dan flavonoid yang mencegah kerusakan selaput lendir dan mampu melindungi mata dari peradangan.

3. Labu

Konsumsi 100 gram labu setara dengan sekitar 8.513 IU vitamin A yang lebih dari cukup untuk mempertahankan penglihatan dengan baik.

4. Jeruk

Makan jeruk setiap hari tidak hanya membuat selaput lendir mata dalam kondisi sehat tetapi juga melindungi mata dari masalah yang berhubungan dengan penglihatan.

5. Tomat

Konsumsi satu tomat sehari dapat membantu menghilangkan masalah penglihatan karena mengandung likopen, senyawa yang melindungi mata dari radiasi UV yang berbahaya. Juga, keberadaan vitamin E dalam tomat mencegah kerusakan retina, sehingga membantu mempertahankan penglihatan yang baik.

6. Pistachio

Jenis kacang satu ini tidak hanya akan meredakan rasa lapar tetapi juga menurunkan risiko degenerasi makula. Pistachio juga mencegah mata mengalami kerusakan radikal bebas yang mungkin menyebabkan masalah terkait penglihatan.

7. Custard apple

Buah satu ini mengandung vitamin C dan A yang meningkatkan penglihatan, serta vitamin B2 yang memerangi kerusakan radikal bebas.





(DEV)