Manfaat Madu Manuka untuk Alergi

Raka Lestari    •    Senin, 21 May 2018 12:46 WIB
kesehatanalergi
Manfaat Madu Manuka untuk Alergi
Menurut Natural Medicines Comprehensive Database madu Manuka juga dapat digunakan untuk membantu mengobati luka-luka dan luka bakar. (Foto: Calum Lewis/Unsplash.com)

Jakarta: Bagi mereka yang mengalami alergi, tentu saja itu bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, sangat penting berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai seperti apa.

Namun, untuk membantu penyembuhan agar lebih cepat beberapa ahli mengatakan bahwa Anda bisa menggunakan Madu Manuka untuk meredakan alergi Anda tersebut. 

Tracy Lockwood, seorang ahli diet terdaftar dari New York menjelaskan bagaimana MGL (methylglyoxal) yang ditemukan dalam madu manuka dapat sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami alergi. 

"Bahan aktif, MGL methylglyoxal, telah terbukti efektif untuk pengobatan terhadap lendir pada hidung yang merupakan salah satu gejala alergi," katanya kepada Well + Good.

(Baca juga: Lima Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Madu Manuka)


(Untuk membantu penyembuhan agar lebih cepat beberapa ahli mengatakan bahwa Anda bisa menggunakan Madu Manuka untuk meredakan alergi Anda tersebut. Foto: Miki Kitazawa/Unsplash.com)

"Manfaatnya tidak sebatas hanya untuk alergi saja tetapi ramuan aktif madu manuka dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk lendir hidung terlepas dari sumbernya, apakah itu flu, alergi, atau infeksi pernapasan," ujar Lockwood. 

Methylglyoxal juga sering disebut sebagai MGO pada botol madu manuka. Madu manuka mengandung jumlah MGO yang jauh lebih besar daripada madu normal, menurut True Honey Co.

Untuk mengurangi pilek, Anda masih bisa menggunakan satu sendok makan madu biasa yang dicampurkan dengan teh chamomile, namun jika madu yang digunakan diganti dengan madu Manuka tentu hasilnya akan lebih meningkat. "Madu Manuka mengandung MGL yang akan bekerja lebih ekstra untuk membantu meredakan pilek Anda," ujar Lockwood. 

Selain membantu mengurangi pilek dan alergi, madu Manuka juga dapat digunakan untuk membantu mengobati luka-luka dan luka bakar, menurut Natural Medicines Comprehensive Database. 



(TIN)