Tepatkah Mengganti Nasi Putih dengan Nasi Merah atau Hitam untuk Anak?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 31 Jul 2018 15:01 WIB
kesehatan
Tepatkah Mengganti Nasi Putih dengan Nasi Merah atau Hitam untuk Anak?
Bolehkah mengganti nasi putih dengan nasi merah atau hitam bagi si kecil saat sarapan? Berikut informasinya. (Foto: Kawin Harasai/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak orang beralih dari nasi putih ke nasi merah atau nasi hitam dengan alasan menurunkan berat badan dan manfaat kesehatan lainnya. Namun, bagaimana bila hal itu diaplikasikan pada si kecil?

Menurut Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia Prof. Dr. Hardinsyah, MS, tujuan konsumsi nasi adalah untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Jadi, jenis apapun nasinya, tak masalah.

"Kalau untuk anak, coba tanyakan apakah dia suka atau tidak," ia menyarankan dalam peluncuran kampanye Energen 'Sarapan Bernutrisi Agar Perut Terisi Siap Konsentrasi', Selasa 31 Juli 2018.

(Baca juga: Beras Merah Tingkatkan Stamina Tubuh)

Selain itu, ia juga mengingatkan pentingnya makan berat dengan susunan Isi Piring Makanku di mana komponen karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral harus ada.


(Menurut Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia Prof. Dr. Hardinsyah, MS, tujuan konsumsi nasi adalah untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Jadi, jenis apapun nasinya, tak masalah. Foto: Avel Chuklanov/Unsplash.com)

Dalam satu kali makan, setengah porsi terdiri dari vitamin dan mineral yang terdiri dari sayur dan buah. Kemudian, 20 persen berisi lauk pauk dalam bentuk daging atau ikan, dan sisanya karbohidrat yang tak selalu harus dalam bentuk nasi.

Kemudian, Prof. Hardinsyah juga membahas pembagian dalam pemenuhan gizi dalam sehari, termasuk pentingnya sarapan.

"Untuk sarapan, setidaknya 25 persen kebutuhan harian harus terpenuhi supaya konsentrasi bisa optimal," tambahnya.

Tak hanya tingkatkan konsentrasi, sarapan juga membantu tubuh lebih sehat sehingga maksimal dalam menjalani aktivitas keseharian. 




(TIN)