Selain Cegah Depresi, Ketahui Manfaat dari Rutin Mengonsumsi Ikan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 26 Jul 2018 08:00 WIB
tips kesehatan
Selain Cegah Depresi, Ketahui Manfaat dari Rutin Mengonsumsi Ikan
(Foto: The Health Site)

Jakarta: Meski tidak setenar daging, ikan merupakan lauk yang tak kalah dalam hal kandungan nutrisi bagi tubuh.  Selain kaya protein yang merupakan kebutuhan dasar tubuh, berikut adalah beberapa manfaat ikan bagi kesehatan. 

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology, konsumsi ikan berkaitan penurunan risiko penyakit jantung koroner yang fatal dan total. Ikan mengandung banyak asam lemak omega-3 sehat yang dapat melindungi jantung mengurangi peradangan dan mencegah penyakit kronis.

2. Sumber vitamin D 

Vitamin D bermanfaat untuk penyerapan kalsium bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang. Menurut National Institutes of Health, ikan tinggi akan kandungan vitamin D. 

3. Meningkatkan penglihatan

Ikan adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan. 

4. Melawan depresi

Menurut Journal of Psychiatry & Neuroscience, minyak ikan dapat membantu memperbaiki gejala depresi jika dikonsumsi bersamaan dengan inhibitor reuptake serotonin selektif (sejenis antidepresan).

5. Menghilangkan jerawat

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh BioMed Central, minyak ikan bermanfaat untuk membersihkan kulit bagi orang-orang dengan jerawat sedang sampai parah.

6. Meningkatkan metabolisme

Menurut studi Departemen Kesehatan Manusia dan Ilmu Gizi di University of Guelph, asam lemak omega-3 yang berlimpah dalam ikan memiliki efek positif pada metabolisme. Lemak sehat meningkatkan tingkat metabolisme dan oksidasi lemak pada wanita yang lebih tua.

7. Mengurangi gejala PMS

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Psychosomatic Obstetrics & Gynecology, ikan juga dapat membantu dengan gejala pramenstruasi pada wanita karena membantu meningkatkan konsumsi asam lemak omega-3, yang melimpah pada hewan tersebut. 

Lihat video:





(DEV)