Survei: Banyak Orang Mulai Sadar untuk Menurunkan Berat Badan

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 14 Jul 2018 16:22 WIB
diet
Survei: Banyak Orang Mulai Sadar untuk Menurunkan Berat Badan
(Foto: ABC News)

Jakarta: Sebuah survei pada periode 2013 hingga 2016 menemukan bawah 49 persen orang dewasa Amerika Serikat mulai menurunkan berat pada 12 titik tubuh selama 12 bulan.

Laporan dari Pusat Pengendalian Penyakit dan Pusat Nasional Statistik Kesehatan Pencegahan (NCHS) tersebut menyebutkan wanita lebih bersemangat dalam menurunkan berat badan dibandingkan pria.

Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional tersebut menunjukkan bahwa  56,4 persen wanita mengaku telah mencoba untuk memiliki tubuh yang lebih langsing, sementara 41,7 persen pria berpikiran serupa. Penelitian tersebut juga memperhitungkan  usia, ras, pendapatan dan berat badan awal.

Dalam masing-masing sub-kelompok tersebut, para peneliti memperhatikan beberapa pola yang menarik. Orang yang lebih tua, misalnya, lebih kecil kemungkinan untuk melakukan upaya penurunan berat badan dibandingkan orang dewasa muda.

Keadaan sosial ekonomi tampaknya memainkan peran. Ketika tingkat pendapatan keluarga meningkat, begitu pula persentase orang-orang yang mengatakan bahwa mereka mencoba untuk langsing.

Sementara sekitar setengah dari orang dewasa kulit putih, hitam, dan Hispanik yang disurvei mengatakan mereka mencoba untuk mengurangi berat badan, dibandingkan dengan sekitar 41 persen orang dewasa Asia.

Para peneliti juga memperhatikan bahwa semakin tinggi berat badan seseorang, semakin besar kemungkinan dia mencoba menurunkan berat badan.

Sekitar dua pertiga orang dewasa dengan obesitas, setengah dari orang dewasa yang kelebihan berat badan dan seperempat dari orang dewasa normal atau kurus mengatakan mereka telah mencoba untuk menurunkan berat badan.

Berolahraga dan makan lebih sedikit adalah dua strategi penurunan berat badan yang paling umum, yang dipraktikkan oleh sekitar 63 persen orang yang mencoba menurunkan berat badan.

Banyak orang juga mengatakan mereka mencoba untuk makan lebih banyak hasil bumi dan minum lebih banyak air, serta mengurangi makanan cepat saji atau manisan. Sebagian besar orang yang mencoba menurunkan berat badan (88 persen) mengatakan mereka menggunakan dua atau lebih  cara tersebut, dengan  strategi lainnya.

Studi tersebut juga percaya bahwa beberapa perubahan gaya hidup seperti mengurangi soda dan minuman manis, menghindari gaya hidup yang tidak aktif dan berfokus pada kualitas makanan, bukan hanya pada kalori; adalah cara efektif turunkan berat badan.


 


(DEV)