Manfaat Diet Keto bagi Kesehatan

Raka Lestari    •    Senin, 16 Jul 2018 08:00 WIB
diet
Manfaat Diet Keto bagi Kesehatan
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari diet keto selain menurunkan berat badan. (Foto: Caroline Attwood/Unsplash.com)

Jakarta: Diet keto akhir-akhir ini cukup populer karena manfaat yang dapat diperolehnya, salah satunya adalah dianggap dapat membantu menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat diet keto tidak hanya menurunkan berat badan, namun juga ada manfaat lain mengingat diet keto melakukan pendekatan dengan memilih makanan rendah karbohidrat namun tinggi lemak. 

Dikutip dari Insider berikut ini adalah beberapa manfaat dari diet keto selain menurunkan berat badan.

1. Meningkatkan level energi
Carrie Burrows, PhD, seorang ahli kesehatan dan kebugaran Anda dapat melakukan lebih banyak ketika berolahraga saat melakukan diet keto. "Ketika Anda menggunakan lemak sebagai bahan bakar, tingkat daya tahan seseorang akan meningkat dan lebih mudah dipertahankan," ujar Dr Burrows. 

(Baca juga: Diet Keto Tak Disarankan untuk Orang Normal)

2. Kecemasan dan depresi bisa berkurang
Penelitian menunjukkan bahwa diet keto dapat bermanfaat dalam melindungi otak karena lemak sehat dan tingkat gula yang rendah. Sebuah studi lanjutan juga menunjukkan bahwa diet keto menurunkan tingkat kerentanan depresi pada tikus yang menjadi objek penelitian. 

3. Hati Anda akan semakin sehat
Dr Phinney yang pernah melakukan studi mengenai diabetes mengatakan bahwa lemak dapat yang menumpuk di hati berkaitan dengan pradiabetes dan diabetes tipe 2. "Enzim ini secara signifikan berkurang setelah satu tahun pada pasien klinis, menunjukkan risiko kurang mengembangkan penyakit hati berlemak," katanya. 

4. Anda akan tidur nyenyak
Banyak orang yang melakukan diet keto melaporkan bahwa mereka tidur lebih nyenyak, ujar Pamela Ellgen, seorang personal trainer dan penulis Sheet Pan Ketogenic.

Namun, selama periode penyesuaian sekitar tiga sampai lima hari pertama, Anda mungkin mengalami insomnia atau kesulitan untuk tetap tertidur. Kemudian setelah tubuh sudah bisa menyesuaikan dengan baik, Anda bisa tertidur lebih nyenyak. 

5. Bermanfaat bagi otak
"Pada diet normal, otak mendapat 100 persen energi dari glukosa. Pada diet ketogenik hingga dua pertiga energi otak berasal dari keton. Itulah mengapa fungsi otak akan berubah secara drastis pada diet ketogenik," ujar Kristen Mancinelli, ahli diet terdaftar dan penulis The Ketogenic Diet.




(TIN)