Ini Alasan Kenapa Oat Baik untuk Menu Sarapan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 12 Apr 2018 09:25 WIB
diet
Ini Alasan Kenapa Oat Baik untuk Menu Sarapan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Oat menjadi makanan sarapan sehat yang banyak digemari kaum muda saat ini. Namun, benarkah makanan ini benar-benar memiliki gizi yang dibutuhkan tubuh. 

"Oat mengandung nutrisi yang wajib ada pada menu sarapan, yaitu serat dan protein. Selain itu, karbohidrat kompleks dalam oat juga membuat rasa kenyang lebih lama," terang konsultan gizi Dr dr Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK dalam peluncuran kampanye #GoodDaysStartwithQuaker, Rabu, 11 April 2018.

Lebih detail, dr Fiastuti mengungkapkan bahwa dalam 78 gram oats kering (sekitar 1 sendok makan) mengandung 300 kalori, 51 gram karbohidrat, 13 gram protein, 5 gram lemak, dan 8 gram serat.

Sementara, satu buah apel yang dimakan bersama kulitnya memiliki jumlah serat yang lebih kecil, yaitu 5 gram.

Selain ketiga kandungan tersebut, oat juga memiliki mikronutrien seperti vitamin dan mineral, serta antioksidan yang membantu melindungi kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Beberapa manfaat lain dari konsumsi rutin oat adalah membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total, menurunkan kadar glukosa darah, meningkatkan bakteri baik di saluran pencernaan, serta mencegah kanker usus.






(DEV)