Tips agar Struktur Gigi Tak Kembali Bermasalah Usai Lepas Kawat Gigi

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 04 Apr 2016 16:34 WIB
kawat gigi
Tips agar Struktur Gigi Tak Kembali Bermasalah Usai Lepas Kawat Gigi
(Foto: Tridentdentistry.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mungkinkah struktur gigi kembali bermasalah setelah melepas kawat gigi? Hal tersebut acap kali dipertanyakan banyak orang.

Dijelaskan drg. M. Soegiharto, MSc, MOrthRCS, PhD, Sp.Ort, hal tersebut ada kemungkinan terjadi. Itu alasan, mengapa pasien disarankan untuk tidak berhenti kontrol, meski telah melepas kawat gigi.

"Seperti tubuh, gigi pun bisa mengalami perubahan dan kembali ke bentuk awal. Perubahan ini memang tidak disadari karena sangat pelan," jelas dokter gigi yang berpraktek di RSPI Puri Indah, Jakarta, tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut, pasien biasanya akan ditawari untuk memakai retainer atau cetakan gigi. Retainer dipakai pada malam hari ketika pasien tidur agar tidak menggangu aktivitas pada siang hari.

Itu jika Anda telah melepas kawat gigi. Jika masih memakai kawat gigi, disarankan untuk patuh pada intruksi atau cara perawatan yang direkomendasikan dokter.

"Pastinya harus memakai sikat gigi khusus gigi berkawat, dan pasta gigi yang mengandung florida. Hindari makanan keras, agar tidak menyangkut di gigi atau membuat kawat terlepas," urainya.


(DEV)