Sering Mengantuk, Tanda Tubuh Kurang Serat

Nia Deviyana    •    Selasa, 23 Aug 2016 14:43 WIB
kesehatan
Sering Mengantuk, Tanda Tubuh Kurang Serat
(Foto: Thatdairy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Serat memiliki peran penting bagi kesehatan organ cerna. Berdasarkan rekomendasi ahli gizi, perempuan butuh 25 gram serat dalam sehari, sementara laki-laki butuh 38 gram.

Bagaimana cara kita mengetahui tubuh kita sudah memenuhi kebutuhan serat?

Tubuh biasanya akan bereaksi jika kekurangan asupan serat. Berikut ini cirinya, seperti dikutip Prevention.

1. Sembelit

Sembelit merupakan ciri paling umum dari kurang asupan serat. Bentuk dan warna feses juga berpengaruh. "Jika feses keras atau kecil seperti kerikil, itu artinya Anda kurang serat. Begitu pula jika warnanya gelap. Itu artinya Anda kelebihan asupan lemak," ujar Robynne Chutkan, MD.

2. Mudah lapar

Serat menempati banyak ruang di organ cerna. Itu sebabnya, konsumsi banyak serat membuat Anda cepat kenyang. Jika Anda merasa mudah lapar padahal baru saja makan, itu artinya tubuh kurang serat.

3. Kembung

Kelebihan serat membuat perut kembung. Begitu juga jika Anda kurang asupan serat. Tanpa serat, gas yang dihasilkan makanan berlemak akan memenuhi organ cerna.

4. Mudah mengantuk

Serat memainkan peran penting dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil. Tanpa serat, gula darah akan naik lebih cepat, yang pada akhirnya membuat Anda mengantuk. Naiknya gula darah juga menyebabkan lesu dan lelah.

Serat bisa diperoleh dari sayur, buah, dan suplemen makanan. Namun, para ahli menyarankan untuk tidak bergantung pada suplemen karena dapat meningkatkan gas pada lambung.



(DEV)