Ubi Ungu, Si Superfood yang Baik Dijadikan Pengganti Nasi

Dwi Ayu Rochani    •    Selasa, 06 Sep 2016 12:51 WIB
kesehatan
Ubi Ungu, Si <i>Superfood</i> yang  Baik Dijadikan Pengganti Nasi
(Foto: eatingbirdfood.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia kaya dengan sumber pangan lokal, salah satunya ubi ungu. Makanan ini sarat gizi, selain mengandung gizi makro dan mikro, juga mengandung antioksidan alami yang berperan dalam melawan kanker.

"Ubi ungu juga kaya serat dan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari racun, radikal bebas dan bakteri patogen," jelas Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS. Guru, Besar Gizi Masyarakat Insitut Pertanian Bogor.

"Ubi ungu dapat digolongkan ke dalam superfood karena mengandung unsur fitokimia, antosianin dan betakaroten yang merupakan antioksidan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh."

Lebih lanjut, dengan mengonsumsi ubi ungu, artinya kita membantu program diversifikasi pangan pokok untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi Indonesia. Hal ini sesuai dengan pedoman gizi seimbang, dimana diversifilasi pangan menjadi salah satu pilar utama dalam upaya penurunan  masalah pangan dan gizi.

"Program diversifikasi pangan menjadi penting, karena hingga saat ini ketergantungan konsumsi pangan masyarakat Indonesia terhadap sumber karbohidrat (makanan pokok) khususnya beras masih tergolong tinggi atau lebih dari 60 persen," terang Prof. Ali

Bentuk sederhana dari diversifikasi pangan, dapat dilakukan melalui diet pelangi atau diet dengan berbagai aneka warna.

Pola diet ini mengharuskan konsumsi beraneka warna makanan dalam setiap porsi makan. Selain sarat akan kecukupan gizi, diet pelangi bermanfaat untuk menurunkan berat badan, melindungi kulit dari penuaan dini, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Diet pelangi juga sejalan dengan pedoman gizi seimbang, di mana masyarakat Indonesia dianjurkan untuk mengonsumsi beragam kelompok pangan mulai dari makanan pokok, lauk, pauk, sayur, buah dan air.


(DEV)