Efek Tak Terduga Melakukan Pola Hidup Sehat

Raka Lestari    •    Kamis, 04 Jan 2018 07:00 WIB
kesehatan
Efek Tak Terduga Melakukan Pola Hidup Sehat
Menambahkan satu porsi sayuran tambahan lainnya, seperti tumis dengan jamur, paprika, dan brokoli baik bagi kesehatan tubuh Anda. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Memasuki tahun baru, banyak orang yang berlomba-lomba memilki resolusi tahun baru. Salah satunya adalah memiliki resolusi untuk lebih banyak mengonsumsi makanan sehat. Entah itu mengurangi karbohidrat, mengonsumsi lebih banyak protein, atau mencoba makanan tertentu. 

Meskipun Anda mungkin menganggap bahwa makan sehat akan membuat Anda terlihat dan merasa lebih baik, sebenarnya ada konsekuensi tak terduga pada tubuh dan mental Anda, terutama jika Anda melakukan perubahan tersebut dengan terlalu cepat.

Dilansir dari Womenshealthmag.com inilah efek tak terduga dari perubahan pola makan yang tiba-tiba dan bagaimana cara mengelolanya.

(Baca juga: Salad Buah dalam Hitungan Detik)


(Menambahkan satu porsi sayuran tambahan lainnya, seperti tumis dengan jamur, paprika, dan brokoli baik bagi kesehatan tubuh Anda. Foto: Pixabay.com)

1. Masalah pencernaan 
"Jika Anda meningkatkan jumlah serat dari sayuran dan kacang secara signifikan, Anda bisa mengalami perubahan usus besar, seperti kotoran yang lebih encer," kata Michelle Babb, ahli nutrisi dari Seattle. Jika Anda tidak cukup minum air putih, semua serat yang Anda konsumsi tersebut bisa menyebabkan konstipasi. "Anda perlu minum setidaknya 6-7 gelas air. Ini bisa menyapu seratnya," katanya.

2. Kenaikan berat badan secara tiba-tiba 
"Waspadalah dengan mengonsumsi terlalu banyak makanan ringan pengganti yang masih diproses dan seringkali padat kalori," kata Babb. Usahakan selalu memilih makanan utuh untuk menghindari kenaikan berat badan secara tidak sadar. 

3. Gas berlebih
Sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol dikemas penuh dengan nutrisi dan dipuja-puja karena dianggap dapat mencegah kanker. "Sayuran-sayuran tersebut bisa menyebabkan kram dan kembung," kata Babb. Dia merekomendasikan menambahkan satu porsi sayuran tambahan lainnya, seperti tumis dengan jamur, paprika, dan brokoli.

4. Perasaan kecewa
Bertujuan untuk hidup sehat atau menurunkan berat badan memang bagus. "Namun terkadang karena terlalu fokus terhadap mengubah pola makan, Anda akan melupakan faktor kesehatan lain seperti cara memperoleh energi lebih atau cara untuk tidur lebih nyenyak," ujar Babb. 









(TIN)