Tips Perawatan Kulit Sebelum dan Setelah Berenang

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 11 Feb 2018 08:53 WIB
kesehatan kulit
Tips Perawatan Kulit Sebelum dan Setelah Berenang
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Banyak orang senang berenang karena olahraga tersebut mampu merileksasi tubuh dan pikiran. Sayangnya, air kolam renang yang tercemar klorin dapat memberi efek buruk pada kulit. 

 
Oleh karena itu, berikut adalah beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan sebelum berenang untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. 
 
Sebelum berenang
 
1. Mandi
Ini adalah salah satu aturan yang sering terlupakan. Mandi dapat membersihkan kotoran di kulit sebelum masuk ke kolam renang. 
 
2. Mengoleskan tabir surya atau minyak kulit
Jika Anda berenang di luar ruangan, pastikan mengoles tabir surya ke kulit terlebih dahulu untuk melindungi kulit dari klorin dan sinar matahari. Jika berada dalam ruangan, cukup menggunakan minyak kulit ringan saja. 
 
3. Menggunakan kondisioner atau minyak rambut
Kesehatan rambut juga perlu diperhatikan. Kondisioner atau minyak rambut dapat berperan sebagai pelindung alami untuk rambut. Setelah itu, basahi rambut dengan air suam-suam kuku untuk menghindari paparan klorin secara langsung. 
 
4. Gunakan topi berenang
Topi khusus ini membantu meminimalkan paparan dari air klorin. 
 
Setelah berenang
 
1. Mandi
Setelah berenang, pastikan Anda keramas untuk menghilangkan kimia yang menempel pada kulit. Gunakan air suam-suam kuku agar minyak dan kelembapan alami dari kulit tidak rusak. 
 
2. Keramas
Sama seperti kulit, rambut yang terkontaminasi klorin sebaiknya segera dibersihkan. Jangan lupa menggunakan kondisioner setelahnya agar kelembapan rambut tetap terjaga. 
 
3. Gunakan pembersih kulit dan pelembap
Setelah mandi, gunakan pembersih kulit untuk menghilangkan klorin yang masih menempel di kulit. Dengan demikian, risiko kerusakan kulit akan semakin kecil. Selain itu, pelembap juga tak kalah penting untuk menjaga kelembutan kulit. Bagi Anda yang akan beraktivitas ke luar rumah, jangan lupa oleskan tabir surya setelahnya. 


 

(DEV)