Musik Klasik Baik Didengarkan saat Menyetir Mobil

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 28 Jan 2018 08:00 WIB
kesehatan mental
Musik Klasik Baik Didengarkan saat Menyetir Mobil
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Musik klasik adalah jenis musik yang memberi banyak manfaat, baik secara emosional maupun fisik. Berikut adalah beberapa manfaat mendengarkan musik klasik, terutama untuk tubuh. 

 
1. Otak bekerja lebih baik
 
Sebuah studi dari Northumbria University di Inggris menemukan bahwa murid yang mendengarkan musik klasik lebih cepat dan baik dalam mengerjakan suatu tugas. Aktivitas otak meningkat ketika orang mendengarkan musik untuk kesenangan dan pendekatan stimuli. 
 
2. Mencegah gangguan demensia
 
Musik sangat berpengaruh pada kemampuan otak. Penderita demensia sebaiknya diminta mendengarkan musik yang kerap didengarnya saat muda, terlepas dari klasik atau bukan, karena kebiasaan tersebut dapat mengaktifkan bagian otak yang tak terkena demensia. 
 
3. Tidur lebih baik
 
Ada beberapa studi menemukan bahwa musik klasik baik untuk kualitas tidur. Sebuah studi menunjukkan bahwa kelompok siswa yang mendengarkan musik klasik memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan mereka yang mendengarkan buku audio. Menurut para peneliti, musik lebih baik daripada rangsangan verbal dalam hal merilekskan tubuh dan pikiran sebelum tidur. 
 
4. Menenangkan saat menyetir
 
Pemerintah Jerman mengeluarkan CD untuk para pengemudi berisikan lagi Piano Concerto No.21 karya Mozart dimana diharapkan para pengemudi memberi efek menenangkan saat menyetir. 
 
5. Mengurangi nyeri
 
Berbagai studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat menggurangi nyeri setelah operasi dan penyakit kronik. Meski tak seampuh penghilang nyeri, setidaknya musik bisa membantu mengurangi depresi, ketidakmampuan, dan nyeri. Alasan dari hal itu adalah bagian otak yang berfokus pada penghargaan lebih aktif sehingga nyeri sedikit terabaikan. 
 
6. Membantu mengekspresikan diri
 
Musik membantu mengekspresikan diri tanpa perlu mengucapkannya. Berbagai perasaan yang tertuang dalam lagu membuat Anda lebih jujur pada diri sendiri. Sebuah penelitian dari The Southern Methodist University menunjukkan bahwa mendengarkan musk klasik membuat murid lebih komunikatif dan terbuka dengan emosi yang mereka rasakan. Mereka memiliki daftar lagu tersendiri saat perasaan sedang senang, sedih, malas, atau kelelahan. 

 

(DEV)