Tips Merawat Sweater agar Jahitannya Tak Mudah Rusak

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 03 Dec 2017 10:37 WIB
tips & trik
Tips Merawat Sweater agar Jahitannya Tak Mudah Rusak
Semakin sering dipakai, Anda harus semakin hati-hati merawatnya. (Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sweater menjadi pilihan pakaian yang sering dikenakan pada musim hujan. Namun, semakin sering dipakai, Anda harus semakin hati-hati merawatnya.

Bagi Anda yang memiliki sweater atau senang mengenakan pakaian ini, berikut adalah tips perawatan agar sweater dapat bertahan lama.

1. Saat berbelanja

Periksa gelombang dari sweater, terutama pada bahan wol dan kasmir. Model yang bagus adalah berdekatan dan kencang. Jika semakin longgar, maka cenderung akan lebih mudah berbulu.

2. Sebelum dicuci

Cobalah periksa label terlebih dahulu untuk melihat cara pencucian, apakah lebih baik di mesin cuci atau lebih baik secara manual dengan tangan. Jika bisa menggunakan cara pertama, pastikan tidak menggunakan mesin cuci yang  berputar karena gerakan kasar dapat meregangkan rajutan dan merusak bentuk. Selain itu, kancingkan dan rapatkan resleting saat mencuci agar tak merusak bentuk pakaian.

3. Saat dicuci

Selalu cuci pakaian berdasarkan jenis yang sama. Mencuci jeans dan sweater bersamaan akan membuat bahan wol mudah berbulu. Selain itu, gunakan pelembut agar sweater tidak menjadi keriting.  

4. Saat mengeringkan

Meskipun tak ada cara pengeringan yang khusus, coba keringkan sweater dengan dilapisi handuk untuk mengurangi penyusutan. Hindari menggantungkan bahan rajut karena dapat meregangkan tenunan dan merusak bentuk pakaian.





(DEV)