Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 04 Dec 2017 14:11 WIB
tidurinsomnia
Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
Perlis menyarankan agar orang yang sulit tidur kembali setelah terjaga untuk bangun dari kasur dan mengisinya dengan kegiatan ringan, seperti membaca buku atau menulis di jurnal. (Foto: Giulia Bertelli/Unsplash.com)

Jakarta: Insomnia sering kita alami setelah terbangun saat tidur pada malam hari. Meski kita berusaha memejamkan mata, namun tubuh dan pikiran masih tetap terjaga.

Tak perlu khawatir, saat ini sudah ditemukan cara agar bisa tertidur kembali setelah terbangun pada tengah malam. Menurut sebuah studi baru dari University of Pennsylvania School of Medicine, Anda disarankan untuk bangun dari tempat tidur dan melakukan beberapa aktivitas ringan.

Cara itu didapat oleh para periset setelah memantau kebiasaan tidur 416 peserta selama satu tahun. Dari hasil pengamatan, peserta yang tetap di kasur dan berusaha untuk tidur kembali cenderung mengalami insomnia kronis.

Temuan awal yang dipresentasikan pada konferensi SLEEP 2016 mengungkapkan, bangun dari tempat tidur mencegah insomnia krinis hingga 70 sampai 80 persen.

"Orang-orang dengan insomnia biasanya memerpanjang kesempatan tidur mereka," Michael Perlis, Ph.D., penulis studi dan direktur Penn Behavioral Sleep Medicine Programme.


(Perlis menyarankan agar orang yang sulit tidur kembali setelah terjaga untuk bangun dari kasur dan mengisinya dengan kegiatan ringan, seperti membaca buku atau menulis di jurnal. Foto: Stock-Asso/Shutterstock)


"Mereka tidur lebih awal, bangun dari tempat tidur telat, dan mereka tidur siang. Meskipun hal ini tampaknya masuk akal, dan mungkin dalam jangka pendek, masalahnya dalam jangka panjang adalah menciptakan ketidakcocokan antara kemampuan tidur individu saat ini dan kesempatan tidur mereka saat ini, ini dapat memicu insomnia," lanjut dia.

(Baca juga: 6 Langkah Menangkal Insomnia)

Perlis menyarankan agar orang yang sulit tidur kembali setelah terjaga untuk bangun dari kasur dan mengisinya dengan kegiatan ringan, seperti membaca buku atau menulis di jurnal. 

"Anda tidak hanya bisa tertidur hanya dalam waktu satu jam, tapi Anda juga akan melakukannya lebih cepat dan tidur lebih nyenyak daripada jika Anda baru saja tidur," kata Perlis.

Selain itu, Perlis juga menyarankan agar anda menahan keinginan untuk tidur pada siang hari. Tidak tidur pada siang hari dapat membantu Anda tertidur pada malam berikutnya.









(TIN)