Pentingnya Makan dalam Posisi Duduk

Dhaifurrakhman Abas    •    Senin, 10 Dec 2018 17:01 WIB
kesehatan pencernaan
Pentingnya Makan dalam Posisi Duduk
Posisi duduk saat makan sangat dianjurkan karena bisa memberikan manfaat mulai dari otot dan hingga pencernaan (Foto: Gradika/Unsplash)

Jakarta: Saat pagi hari, kerap kita melewatkan waktu untuk sarapan. Bahkan untuk mencicipi makanan secuil pun tak sempat.

Meski mencicipi makanan, itu pun dilakukan dalam kondisi yang tidak ideal. Seperti sambil berjalan, atau dalam keadaan berdiri.

Ternyata hal tersebut bisa berbahaya buat tubuh Anda. Melansir Times of India, makan sambil berdiri bisa membuat tubuh mencerna makanan lebih lambat dari biasanya. Selain itu memiliki kecenderungan makan secara berlebihan. 

Untuk itu, ada baiknya Anda mulai membiasakan makan sambil duduk. Metode ini terbukti memiliki manfaat yang secara ilmiah baik buat tubuh Anda: 

1. Menguntungkan kinerja otot
Makan sambil duduk bermanfaat buat kinerja otot. Gerakan ini manfaatnya mirip seperti gerakan yoga. Saat duduk dan makan, Anda melibatkan gerakan peregangan kaki.

Sementara gerakan membungkuk untuk mengambil makanan juga menguntungkan kerja otot perut. Hal ini baik untuk menjaga sistem pencernaan bekerja dengan maksimal.

2. Memperkuat otot punggung
Makan dengan cara duduk membuat tubuh Anda lebih fleksibel untuk jangka panjang. Posisi duduk juga membuat otot panggul dan punggung meregang. 

Sementara ketika berdiri sambil makan, akan cenderung membentuk posisi tubuh membungkuk atau menurunkan bahu. Hal ini buruk untuk kesehatan tulang belakang.

3. Menjaga sirkulasi darah
Manfaat lain dari duduk dan makan adalah dapat memperbaiki aliran dan sirkulasi darah. Karena ketika duduk membentuk posisi lebih fleksibel. 

Hal ini pada gilirannya membuat jantung lebih kuat. Selain itu, posisi duduk juga dapat melemaskan saraf dan mengurangi tekanan di sekitar jantung.

Makanan Sehat untuk Semua Kalangan



(FIR)